Pemprov Pastikan Stok Pangan di Jatim Aman (Video)

id wagub jatim, gus ipul, pangan, ramadhan, bawang putih

Pemprov Pastikan Stok Pangan di Jatim Aman (Video)

Wagub Jatim Saifullah Yusuf (dua kanan) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (dua kiri) dan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin (kiri) di sela operasi pasar di Pasar Induk Osowilangun Surabaya, Jumat (19/5). (Foto Fiqih Arfani)

Kami telah melakukan koordinasi dan memastikan stok kebutuhan pangan di sini mencukupi
Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi memastikan stok pangan di seluruh wilayah Jawa Timur mulai menjelang Ramadhan hingga setelah Hari Raya Idul Fitri tahun ini aman.

"Kami telah melakukan koordinasi dan memastikan stok kebutuhan pangan di sini mencukupi," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di sela mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Surabaya, Jumat.

Secara umum, kata dia, pasokan bahan pokok cukup tidak hanya provinsi, tetapi juga di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Sedangkan, terkait harga bahan pokok, orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut juga menyampaikan terjadi stabilisasi harga karena tak ada gejolak berarti menjelang Ramadhan, kecuali harga bawang putih.

"Harga bawang putih itupun sekarang sudah mulai menurun karena ada langkah positif dari pemerintah, termasuk dari pusat," ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menjelaskan Jatim juga memiliki gerai stabilisasi harga yang terdiri dari gerai pangan permanen sebanyak 3.558 gerai dan gerai pangan situasional 175 gerai. 

Gerai pangan permanen, lanjut dia, terdiri dari kios pangan operasi pasar, toko tani Indonesia, aplikasi "e-warong", serta rumah pangan kita.

Kemudian untuk gerai pangan situasional terdiri dari operasi pasar mandiri dan operasi pasar bantuan ongkos angkut (BOA).

"Yang pasti melihat persiapan yang dilakukan dan kecukupan pangan, maka tidak ada alasan harga naik untuk bahan pokok, terutama di Jatim," katanya.

Tak itu saja, Pemprov Jatim bersama Polda Jatim dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memperkuat pengawasan distribusi bahan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Menurut dia, langkah-langkah ini dibuat sistematis bahkan diperkuat pengawasannya oleh Kapolda dan KPPU sehingag menjadi suatu hal sangat tepat.

Bahkan, Gus Ipul menegaskan jika ada yang mencoba untuk melakukan tindakan-tindakan yang menaikkan harga secara drastis dan menimbunnya maka Kapolda Jatim tidak akan segan-segan melakukan penegakan hukum.

"Terima kasih Kapolda yang mengerahkan anak buahnya, serta dibantu Kodam V/Brawijaya untuk melakukan pengawasan distribusi bahan pokok di Jatim," katanya. (*)
Video Oleh: Fiqih Arfani


Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar