Minggu, 24 September 2017

Sertifikasi Kompetensi Cetak Generasi Muda Madiun yang Andal

id Sertifikasi Kompetensi Cetak Generasi Muda Madiun yang Andal, sertifikasi informatika, Kemkominfo, Gelar Sertifikasi Kompetensi TIK, di Madiun, sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
Sertifikasi Kompetensi Cetak Generasi Muda Madiun yang Andal
Tim dari Puslitbang Literasi Profesi SDM Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun saat menggelar kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika di Hotel Aston Madiun, Senin (8/5). Kegiatan tersebut bertujuan mencetak generasi muda Madiun yang andal. (Foto : Dinas Kominfo Kota Madiun).
Madiun (Antara Jatim) - Puslitbang Literasi Profesi SDM Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun menggelar kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika guna mencetak generasi muda Madiun yang andal. 
    
Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Hedy Idris mengatakan kegiatan sertifikasi SKKNI tersebut bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda dalam meningkatkan kompetensi SDM di bidang informatika. Sehingga para generasi muda tersebut bukan hanya menjadi penonton saja, tetapi menjadi pelaku di daerahnya sendiri.

"Para peserta bebas memilih sertifikasi apa yang ingin diperoleh sesuai kemampuannya masing-masing," ujar Hedy Idris saat membuka kegiatan tersebut di Hotel Aston Madiun, Senin (8/5). 

Ada sejumlah program yang dibuka untuk diujikan, yakni "junior technical support", "junior web programmer", "junior programmer", "network technician", "junior office operator", dan "junior digital artist" dengan empat penguji dari Lembaga Sertifikasi Profesi.

Kegiatan gratis tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 8 hingga 10 Mei 2017, dengan jumlah peserta mencapai sebanyak 75 orang.  Mereka adalah generasi muda yang memiliki ijazah IT di jenjang SMK hingga D3 dari Kota Madiun dan sekitarnya.

Hedy menjelaskan, kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional itu diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Adapun sasaran kegiatan tersebut adalah tercapainya angkatan kerja muda yang memiliki sertifikasi kompetensi sebagai kepemilikan kompetensi standar pada bidang yang ditekuni agar lebih kompetitif. Dimana kompetensi standar tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencari lapangan pekerjaan.

Selain Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Hedy Idris beserta jajarannya, hadir dalam kegiatan tersebut tim penilai dari Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika, Kepala Monumen Pers Solo Suminto Yuliarso, serta Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Gembong Kusdwiarto.

Sementara, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Gembong Kusdwiarto berharap kegiatan pelatihan kompetensi yang dilakukan selama tiga hari tersebut, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta agar bisa memperoleh sertifikasi. 
     
"Diharapkan semua peserta dapat mengikuti materi dengan baik dan lulus hingga mendapatkan sertifikasi yang berguna bagi masa depannya," katanya. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0187 seconds memory usage: 0.58 MB