Senin, 26 Juni 2017

Harga Cabai di Bondowoso Kembali Melonjak

id Bondowoso harga cabai
Harga Cabai di Bondowoso Kembali Melonjak
Pekerja saat panen memetik buah cabai di Bondowoso. Senin (6/2) (Novi.H)
Bondowoso (Antara Jatim) - Harga cabai kecil merah di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kembali melonjak naik hingga 38 persen dari harga sebelumnya Rp40.000 per kilogram saat ini menjadi Rp55.000 per kilogram.

"Kenaikan harga cabai kecil merah itu terjadi di Pasar Induk Bondowoso, sedangkan di sejumlah pasar tradisional lainnya tidak ada kenaikan bahkan juga harganya cenderung turun," ujar Kepala Bidang Usaha Perdagangan (Kabid UP) Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pemkab Bondowoso, Suhartono, di Bondowoso, Jumat.

Ia mengemukakan bahwa kenaikan harga cabai kecil merah di Pasar Induk Bondowoso, sejak beberapa hari terakhir yakni naik Rp15.000 per kilogramnya atau dari harga semula Rp40.000 naik jadi Rp55.000 per kilogram.

Kenaikan harga cabai kecil merah, katanya, hampir setiap hari mengalami perubahan fluktuatif tergantung pasokan maupun petani belum memasuki masa panen, sehingga berbeda di pasar-pasar tradisional lainnya.

"Kalau di pasar tradisional lainnya harga cabai cenderung turun, namun turunnya harga itu diakibatkan karena cabai kecil merah milik pedagang biasanya sudah mulai tidak bagus dan membusuk sehingga dijual murah oleh para pedagang," ucapnya.

Menurut Suhartono, di sejumlah pasar tradisional lainnya di Kota Tapai itu, harga cabai kecil merah rata-rata Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram dari sebelumnya Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram.

Ia menambahkan, kenaikan harga cabai di Pasar Induk Bondowoso tidak berkaitan dengan jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017, tetapi kenaikan harga tersebut akibat pasokan cabai kecil merah mulai berkurang.

"Pada Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri 2017, diperkirakan harga cabai kecil merah di Bondowoso akan tetap stabil, mengingat para petani yang menanam cabai akan mulai panen mulai jelang Bulan Puasa dan Idul Fitri," katanya. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0076 seconds memory usage: 0.58 MB