Senin, 25 September 2017

Satpol PP Diminta Tingkatkan Kualitas dan Sikap Humanis

id Satpol PP Diminta Tingkatkan Kualitas dan Sikap Humanis, pemkot madiun, kota madiun, satuan polisi pamong praja, satpol PP kota Madiun, HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), jalan sehat satpol pp kota madiun
Satpol PP Diminta Tingkatkan Kualitas dan Sikap Humanis
Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto saat memberangkatkan peserta jalan sehat yang digelar Pemkot Madiun dalam rangka puncak rangkaian kegiatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di depan Balai Kota Madiun, Jumat (7/4). Dalam usianya yang bertambah, anggota Satpol PP diminta lebih profesional, humanis, dan tingkatkan kualitas dalam tugasnya. (Foto : Dinas Kominfo Kota Madiun)
Madiun (Antara Jatim) - Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun, Jawa Timur, diminta untuk meningkatkan kualitasnya dan bersikap humanis saat bertugas guna meminimalkan gesekan ketika berhadapan dengan masyarakat.

"Guna meminimalisasi gesekan, anggota Satpol PP ke depannya harus bisa mengutamakan upaya preventif. Karena itu, di usianya yang semakin bertambah, anggota Satpol PP harus meningkatkan kualitas, profesional, humanis, dan memiliki kesantunan yang tegas," ujar Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto saat memimpin upacara peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di halaman Balai Kota Madiun, Senin (3/4). 

Menurut Sugeng, Satpol PP dan seluruh satuan yang ada di dalamnya memiliki peran yang penting bagi pembangunan Pemkot Madiun dan masyarakat Kota Madiun. Selain sebagai penegak peraturan daerah, Satpol PP juga andil dalam menjaga kemajemukan masyarakat dengan Satlinmas.

"Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga kemajemukan masyarakat sesuai dengan semangat Kebhinekaan. Sementara, Pemadam Kebakaran hadir memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat," kata Sugeng.

Dalam rangka peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di tahun 2017, Pemkot Madiun melakukan serangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak tanggal 1 April lalu.

Di antaranya, kegiatan bakti sosial dan kerja bakti massal oleh anggota Satpol PP yang berlangsung pada tanggal 1 April, pelaksanaan upacara bendera dan tasyakuran HUT Satpol PP pada tanggal 3 April, dan rangkaian tersebut ditutup dengan digelarnya jalan sehat pada hari Jumat tanggal 7 April. 

Adapun, jalan sehat dilakukan dengan mengambil rute start halaman Balai Kota Madiun-Jalan Pahlawan-Jalan Panglima Sudirman-Jalan dr Sutomo-Jalan Jawa-finis kembali halaman Balai Kota Madiun.

Jalan sehat diikuti oleh anggota Satpol PP bersama keluarga, Satlinmas bersama keluarga, serta Damkar dan relawan Damkar bersama keluarga. Para peserta jalan sehat tersebut diberangkatkan langsung oleh Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto bersama rombongan Kepala OPD Pemerintah Kota Madiun. 

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono mengungkapkan, untuk meningkatkan kualitas kinerja satpol PP, pemadam kebakaran, dan satlinmas diperlukan sikap yang disiplin dan konsisten dari para anggota.

"Kami harus lebih profesional, lebih cenderung mengandalkan upaya pembinaan dan pencegahan saat bertugas. Kami harap ke depan akan lebih baik dan kompak demi terciptanya ketentraman ketertiban masyarakat," kata Sunardi.

Ia juga mengungkapkan, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Satpol PP, terlebih jalan sehat yang juga melibatkan para keluarga dari anggota satpol PP, hendaknya menjadi ajang untuk menjaga tali silaturahmi antarkeluarga besar Satpol PP serta sebagai upaya mengolahragakan masyarakat Kota Madiun.

Dalam kegiatan puncak tersebut, panitia acara telah menyediakan berbagai hadiah untuk menambah semangat peserta jalan sehat. Di antaranya hadiah utama satu unit sepada motor Yamaha Mio, lemari es, TV, mesin cuci, dan hadiah-hadiah lainnya.

Selain dibanjiri hadiah, peserta juga dihibur dengan hiburan musik. Para peserta jalan sehat dengan antusias berjoget dan berbaur bersama. Acara berlangsung lancar dan mendapat pengamanan ketat Dinas Perhubungan setempat dan anggota Polres Madiun Kota. (*)

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0094 seconds memory usage: 0.58 MB