Sabtu, 23 September 2017

KBRI Kyiv-Pemkab Sidoarjo Jaring Wisatawan Ukraina

id KBRI KYIV, wisata SIDOARJO, pemkab sidoarjo, WISATAKAN UKRAINA, turis ukraina
London (Antara) - KBRI Kyiv bersama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, mempromosikan potensi wisata, ekonomi, dan investasi di Provinsi Jawa Timur sekaligus menjaring wisatawan dari Urkaina pada Ukraine International Travel and Tourism (UITT) Exhibition 2017.

Pada International Exhibition Centre, Kyiv, Ukraina tanggal 29-31 Maret lalu itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dipimpin Bupati Saiful Ilah turut mempromosikan objek wisata di Jawa Timur, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi Datu Putra Persada kepada Antara London, Senin.

Stan KBRI didekorasi menonjolkan kekayaan budaya Indonesia dengan hiasan berbagai pernak-pernik serta dimeriahkan penampilan musik angklung dan gamelan, berhasil menarik perhatian pengunjung yang mencoba memainkan kedua instrumen tersebut.

Beberapa pengunjung menyatakan kekagumannya akan kekayaan budaya Indonesia, dan berniat untuk mengunjungi Indonesia suatu saat. Keikutsertaan KBRI Kyiv dalam UITT 2017 merupakan upaya untuk menggenjot kembali arus masuk wisatawan Ukraina ke Indonesia yang sempat mengalami penurunan sejak terjadinya krisis politik dan ekonomi di negara tersebut awal 2014. Potensi wisatawan asal negara ini cukup besar. Lebih dari setengah populasinya yang sekitar 45 juta orang, bepergian ke luar negeri setiap tahunnya.

Indonesia berpotensi menjadi tujuan favorit, karena pada dasarnya masyarakat Ukraina menyukai berkunjung ke pantai dan negara-negara beriklim tropis. Terlebih lagi, pemerintah Indonesia memberikan fasilitas bebas visa kunjungan sosial budaya bagi warga Ukraina, yang mendongkrak nilai positif Indonesia sebagai negara tujuan wisata.

Kunjungan wisatawan Ukraina ke Indonesia tahun 2016, meningkat sekitar 20 persen ketimbang tahun sebelumnya menjadi sekitar 10.000 orang. Situasi ekonomi yang mulai membaik menjadi pendorong peningkatan ini. Dalam pameran ini, stan Indonesia menerima banyak penawaran kerja sama pengembangan paket wisata ke Tanah Air dari agen perjalanan setempat.

Stasiun televisi setempat menyatakan keinginannya untuk membuat  game show di Indonesia, yang dapat menjadi ajang promosi wisata yang efektif dan cuma-cuma bagi Indonesia. Pihak majalah wisata terkemuka Ukraina, Mandry, menyampaikan keinginannya meliput potensi wisata Kabupaten Sidoarjo. UITT merupakan pameran pariwisata terkemuka di Ukraina diikuti lebih dari 150 peserta terdiri dari kedutaan besar negara sahabat, agen perjalanan, hotel, maskapai penerbangan, dan media massa dari berbagai negara di seluruh dunia. (ZG/*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0094 seconds memory usage: 0.58 MB