Kamis, 19 Oktober 2017

Harga Cabai di Sumenep Turun Rp40 Ribu/Kilogram

id harga cabai di sumenep turun, disperindag sumenep, berita sumenep 20 maret 2017
Harga Cabai di Sumenep Turun Rp40 Ribu/Kilogram
Harga cabai merah kecil biasa di Sumenep turun Rp40 ribu per kilogram dari Rp120 ribu menjadi Rp80 ribu. (Slamet Hidayat)
Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin turun Rp40 ribu per kilogram dibanding pekan sebelumnya dari Rp120 ribu menjadi Rp80 ribu.

"Harga cabai kecil turun cukup drastis. Penyebabnya diduga akibat petani cabai kecil di sejumlah daerah di Sumenep mulai panen," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Kondisi tersebut membuat persediaan komoditas tersebut cenderung melimpah, mulai di tingkat petani hingga pedagang, dan selanjutnya membuat harganya turun.

Sebelumnya, sejak beberapa bulan lalu, harga cabai kecil di Sumenep mencapai Rp150 ribu per kilogram.

Sesuai data di Disperindag Sumenep, harga cabai kecil mulai turun sejak dua pekan lalu dari Rp140 ribu per kilogram menjadi Rp120 ribu.

Selain cabai kecil, harga komoditas yang turun dibanding pekan sebelumnya adalah daging ayam kampung dari Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp65 ribu.

Sementara komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya harga beras pada kisaran Rp8.700 hingga Rp9.400 per kilogram, daging sapi Rp115 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Harga mentega curah juga tetap Rp21 ribu per kilogram, gula pasir Rp13 ribu, dan minyak goreng curah Rp12 ribu. 

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Editor: Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0112 seconds memory usage: 0.57 MB