Minggu, 26 Maret 2017

FKS Situbondo Sosialisasikan Program Kota Sehat

id forum kota sehat, kota sehat, kota Situbondo, program kota sehat, kota sehat situbondo
FKS Situbondo Sosialisasikan Program Kota Sehat
Ketua FKS Kabupaten Situbondo secara simbolis memberikan bibit tanaman buah. Jumat (17/2) (Novi.H)
Situbondo (Antara Jatim) - Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mensosialisasikan program Kota Sehat guna mewujudkan kabupaten yang sehat dan bersih.

"Selain itu juga untuk mendorong kemandirian masyarakat Situbondo untuk hidup sehat serta memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat beserta di lingkungannya," ujar Ketua Forum Kota Sehat Kabupaten Situbondo, Agus Ari Cahyadi disela acara sosialisasi program Kota Sehat di Kantor Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jumat.

Ia mengemukakan, kota/ kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten atau kota yang bersih aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai lewat terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah.

Selain sosialisasi, katanya, juga melakukan bimbingan teknis (bimtek) terhadap Farum Kecamatan Kota Sehat (FKKS) dengan memberikan pengarahan agar melakukan program inovatif berupa kegiatan yang dapat mendukung program Kota Sehat.

"Salah satu contohnya kami memberikan pengarahan pada FKKS dan selanjutnya disampaikan kepada kelompok kerja desa dalam membantu memberantas jentik-jentik nyamuk dengan menggalakkan 3M (menguras, mengubur dan menutup)," katanya.

Ia menambahkan, sosialisasi program Kota Sehat pada hari ini serentak dilakukan di 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Situbondo dan petugas FKS kabupaten dibagi menjadi tiga tim, yakni wilayah barat, tengah dan wilayah timur.

"Tidak hanya sosialisasi, kami juga membagikan sekitar 250 bibit tanaman buah kepada masyarakat disela acara sosialisasi dan tujuan pembagian bibit tanaman buah tersebut untuk membudayakan penggunaan lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat," tuturnya. (*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.2553 seconds memory usage: 0.57 MB