Selasa, 22 Agustus 2017

Polisi Bantu Dapur Umum Korban Puting Beliung Krian ( Video)

id Puting Beliung, Krian Sidoarjo, Dapur Umum
Polisi Bantu Dapur Umum Korban Puting Beliung Krian ( Video)
Dapur umum Puting Beliung di Krian, Sidoarjo, Jumat (17/2) (Indra)
Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Kepolisan Resor Sidoarjo membantu dapur umum korban puting beliung di Desa Terung Kulon Krian Sidoarjo, Jawa Timur menyusul terjadinya peristiwa puting beliung di wilayah setempat pada Rabu (15/2) petang sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Kota Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir, Jumat mengatakan, anggota yang disiagakan untuk membantu dapur umum adalah para wanita polisi Polresta Sidoarjo.

"Para anggota tersebut membantu tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo," ucapnya.

Para anggota tersebut, kata dia, memasak sebanyak tiga kali sehari dengan sekali masak mampu untuk mencukupi sekitar seribu orang korban puting beliung yang ada di Dua Desa yakni Desa Boharan dan juga di Desa Terung Kulon, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

"Para anggota tersebut akan bersiaga selama musibah puting beliung ini terjadi di Sidoarjo," ujarnya.

Ia menambahkan, selain membantu dapur umum, petugas kepolisian dari Polresta Sidoarjo juga membantu memperbaiki rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam ini.

"Ada sekitar 200 anggota yang diterjunkan untuk membantu memperbaiki kerusakan rumah warga, di samping anggota dari kesatuan lain seperti dari Polda jatim.dan juga dari unsur TNI," katanya.

Disinggung sampai kapan menyiagakan anggotanya, dirinya mengatakan, sampai pemulihan pascabencana ini benar-benar selesai dan pulih sepeti sedia kala.

"Anggota akan terus kami diadakan sampai dengan kondisinya benar-benar pulih seperti sedia kala dan bisa beraktivitas normal kembali," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengaku saat ini masih melakukan pendataan terkait dengan jumlah kerugian yang disebabkan oleh bencana puting beliung ini.

"Pendataan masih terus kami lakukan, nantinya akan ada skema korban dengan kerusakan berat, ringan dan juga keperluan apa yang dibutuhkan, termasuk juga menyiagakan petugas untuk membantu warga," katanya.

Di lokasi kejadian, tepatnya di Balai Desa Terung Kulon Krian, bantuan dari sejumlah elemen masyarakat masih terus mengalir.

Lokasi yang dijadikan posko siaga bencana puting beliung ini juga didirikan dapur umum, dan juga lokasi pembagian bantuan bahan pokok kepada masyarakat uang ada di dua desa yakni Desa Boharan dan juga Desa Terung Kulon dengan jumlah korban sebanyak 449 rumah.
 
Sebelumnya, bencana angin puting beliung terjadi di dua yaitu Desa Boharan dan Desa Terung Kulon, Krian, Sidoarjo pada Rabu (15/2) petang sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat bencana ini, ratusan rumah mengalami kerusakan atap rumah dan juga banyak pohon tumbang yang menimpa rumah penduduk.(*)
Video oleh : Indra S

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0077 seconds memory usage: 0.58 MB