Minggu, 25 Juni 2017

Sidoarjo jadi Tuan Rumah Festival Kesenian Pesisir Utara

id Pemkab Sidoarjo, Festival Kesenian Pantai Utara
Sidoarjo jadi Tuan Rumah Festival Kesenian Pesisir Utara
Persiapan Pelaksanaan Festival Kesenian Pantai Utara di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (14/2) (istimewa)
Sidoarjo (Antara Jatim) - Kabupaten Sidoarjo akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto, Selasa mengatakan, pada pelaksanaan festival tersebut nantinya akan ada 14 kabupaten atau kota di Jawa Timur sebagai peserta kegiatan.

"Kegiatan tersebut akan diselenggarakan tanggal 10 Maret sampai dengan 12 Maret mendatang," katanya saat melakukan pembahasan dengan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Ia mengemukakan, tahun ini memang giliran Kabupaten Sidoarjo yang menjadi tuan rumah FKPU.

"FKPU sendiri bertujuan untuk menggali kearifan lokal suatu daerah dan kami berharap melalui FKPU tersebut akan meningkatkan seni budaya di Jawa Timur," katanya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya pelaksanaan FKPU seperti ini sebagai bentuk pembinaan kepada pelaku seni budaya di Jawa Timur.

"Nantinya FKPU 2017 akan diikuti sebelas kabupaten dan tiga kota di Jawa Timur. Ke sebelas kabupaten tersebut masing-masing Kabupaten Sidoarjo, Tuban, Sumenep, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Situbondo," katanya.

Sedangkan kotanya adalah kota Surabaya, Pasuruan dan Kota Probolinggo.

"Dalam FKPU tersebut akan diselenggarakan berbagai kegiatan seperti pawai budaya, sarasehan seni budaya maupun pagelaran seni budaya. Selain itu, promosi produk-produk budaya oleh 14 peserta juga dipamerkan dalam FKPU Jawa Timur tahun ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dan meminta kepada dinas terkait untuk mempersiapkan pelaksanaannya dengan baik.

"Saya meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo untuk serius menanganinya dan selalu berkoordinasi dengan dinas lainnya demi suksesnya pelaksanaan kegiatan ini," katanya.(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.094 seconds memory usage: 0.58 MB