Sabtu, 25 Maret 2017

PWI - IKWI Kembali Gelar Kejuaraan Renang Antarpelajar

id PWI, Kejuaraan Renang, HPN 2017, Jawa Barat
PWI - IKWI Kembali Gelar Kejuaraan Renang Antarpelajar
Logo PWI (PWI)
Kejuaraan ini, diadakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat, dan akan diikuti para pelajar tingkat TK, SD, SMP, dan SMA dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Provinsi Bali.
Bandung (Antara Jatim) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat, untuk ketiga kalinya kembali menggelar Kejuaraan Renang Antarpelajar, denga level yang lebih luas, yakni se-Pulau Jawa dan Bali, setelah dua penyelenggaraan sebelumnya hanya untuk skala regional Jawa Barat.

Ketua Umum PWI Jabar, Mirza Zulhadi, dalam keterangan persnya di Kantor PWI Jabar, Jalan Wartawan II, Selasa mengatakan kejuaraan ini memperebutkan piala tetap "Kang Aher" dan akan dilaksanakan hari Jumat dan Sabtu, tanggal 3-4 Maret 2017, di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung.

Kejuaraan ini, kata dia, diadakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat, dan akan diikuti para pelajar tingkat TK, SD, SMP, dan SMA dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Provinsi Bali. 

"Kenapa dipilih kejuaraan renang, karena seperti diketahui, prestasi pelajar di Jawa dan Bali terus meningkat, khususnya di bidang non-akademik. Antara lain adalah prestasi di bidang olah raga renang,” katanya.

Dia menambahkan, banyak siswa-siswi yang telah meraih prestasi tinggi di cabang olah raga renang, bahkan para atlet pelajar ini juga mampu mengharumkan nama daerahnya dan bahkan Indonesia di berbagai kejuaraan renang baik sakala nasional maupun internasional.

Mirza mengatakan, potensi yang dimiliki oleh para siswa-siswi khususnya pada cabang olah raga renang perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan, salah satunya adalah menambah frekuensi pengalaman dan jam terbang mereka dengan mengikuti berbagai pertandingan.

Di berbagai sekolah, ekstrakulikuler renang banyak dilaksanakan, namun kadang hanya sebagai formalitas. Banyak siswa berprestasi di bidang renang, terganjal karena jarangnya kompetisi yang bersifat regional. 

"Sebenarnya, Jawa dan Bali memiliki potensi di bidang ini, misalnya banyaknya instruktur berkualitas dan siswa yang berprestasi di bidang renang,” ujarnya.

Kejuaraan ini telah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PWI dan IKWI Jabar. Sebelunya kegiatan serupa telah diadakan pada tahun 2015 dan 2016 dengan jumlah peserta yan membeludak.

Mirza menambahkan, tujuan diadakannya kejuaraan renang ini selain untuk mengembangkan bakat renang dikalangan siswa-siswi, juga untuk menjadring bibit-bibit atlet renang potensial di pulau Jawa dan Bali. 

Selain itu dari kegiatan ini juga dapat tercipta interaksi positif antarsekolah dan juga melahirkan semangat solidaritas dan sportivitas dikalangan generasi muda.

Untuk pendaftaran telah dibuka sejak awal bulan Januari dan akan ditutup pada tanggal 25 Februari 2017. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi Sekretariat PWI Jabar, jalan Wartawan II No.23 A Bandung Jabar, telepon (022 7327572), Boni 08122427112, Rika 085721676608. (*)

Editor: Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0086 seconds memory usage: 0.57 MB