Serunya Berpetualang di Air Terjun Sarang Tawon Jember (Video)

id air terjun sarang tawon, kecamatan tempurejo, jember, wisata air terjun
Serunya Berpetualang di Air Terjun Sarang Tawon Jember (Video)
Sejumlah wisatawan berfoto di tebing air terjun Sarang Tawon di Jember (Zumrotun Solichah)
Nama Sarang Tawon diambil karena banyak masyarakat yang mengambil madu dari lebah di kawasan hutan menuju ke air terjun dan selama ini menjadi salah satu sumber penghidupan bagi warga di sekitar kawasan hutan
Menikmati liburan ke sejumlah objek wisata alam menjadi salah satu pilihan bijak untuk merefreshkan pikiran dan tenaga yang sudah selama sepekan bekerja keras hingga kadang-kadang harus bekerja lembur dan mengalami stres.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Kabupaten Jember memiliki banyak potensi wisata yang belum dikunjungi oleh sejumlah wisatawan seperti Air Terjun Sarang Tawon yang berada di Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo.

Lokasi air terjun yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Meru Betiri semakin menambah keseruan wisatawan untuk berpetualang masuk kawasan hutan dengan aneka flora dan fauna yang masih sangat alami.

"Nama Sarang Tawon diambil karena banyak masyarakat yang mengambil madu dari lebah di kawasan hutan menuju ke air terjun dan selama ini menjadi salah satu sumber penghidupan bagi warga di sekitar kawasan hutan," kata Kepala Desa Sanenrejo Sutikno.

Air terjun Sarang Tawon yang berada di kawasan TN Meru Betiri tersebut memiliki keindahan yang sangat memukau, namun objek wisata itu harus ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 30-45 menit dari tempat parkir di sekitar rumah penduduk yang berada di Dusun Mandilis.

Wisatawan tidak hanya melihat satu air terjun saja di kawasan setempat karena air terjun Sarang Tawon menyuguhkan tiga air terjun yang memiliki keindahan yang sangat alami dengan ketinggian air terjun yang berbeda-beda.

"Air terjun Sarang Tawon memiliki tiga lokasi air terjun yang cukup memukau. Jarak air terjun pertama dan kedua agak berdekatan, sedangkan air terjun ketiga jaraknya agak jauh. Namun, yang paling bagus air terjun ketiga karena ketinggiannya air sangat tinggi lebih dari 10 meter dan memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya dibandingkan air terjun pertama dan kedua," ujarnya.

Bagi wisatawan yang berpetualang di Air Terjun Sarang Tawon akan dipandu oleh guide lokal dari Pemuda Mandilis Bersatu (PMB) yang senantiasa siap menemani selama perjalanan menuju air terjun dengan melintasi beberapa sungai kecil.

"Kami sudah melakukan kerja bakti dengan warga di dusun Mandilis untuk membuka akses jalan menuju kawasan air terjun tersebut dengan sejumlah papan nama di sekitar air terjun yang masih terbatas, namun kami berharap ke depan objek wisata Air Terjun Sarang Tawon semakin banyak dikunjungi wisatawan yang suka berpetualang," ujarnya, berharap.

Wisatawan juga diperbolehkan mandi di bawah air terjun karena aman untuk berenang, namun pihaknya tetap mengimbau wisatawan yang mandi di kawasan air terjun tetap memperhatikan keselamatan.

Obyek wisata tersebut masih tergolong baru, karena Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember baru-baru ini sudah melakukan survei apakah kawasan air terjun tersebut layak sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jember.

Kasi Pemasaran Wisata Disparbud Jember Deta Irama Kasih mengatakan pihaknya sudah melakukan survei terhadap objek wisata alam tersebut dan dinilai layak untuk menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Objek wisata itu sangat cocok dikunjungi wisatawan yang memiliki minat khusus petualangan, namun tidak disarankan pada saat musim hujan karena jalan menuju ke sana sangat licin, banyak lumpur dan arus air terjun cukup deras , sehingga dikhawatirkan membahayakan bagi wisatawan.

"Beberapa fasilitas yang harus ditambah di sekitar air terjun yakni papan petunjuk arah, 'spot' untuk foto yang menonjolkan keaslian panorama alam yang indah, penataan areal parkir, dan kantong sampah, agar tidak ada sampah yang merusak ekosistem di kawasan TNMB," tuturnya.

Lokasi air terjun Sarang Tawon yang berada di kawasan hutan Taman Nasional tidak boleh sembarangan membangun sejumlah sarana penunjang wisata, sehingga pengembangannya juga harus berkoordinasi dengan pihak yang memiliki kawasan hutan tersebut.

Nah bagi anda yang penasaran dengan serunya berpetulang di tiga air terjun sekaligus, maka tidak ada salahnya anda mencoba sensasi petualangan di Air Terjun Sarang Tawon yang menyuguhkan keindahan yang sangat memukau.(*)
Video oleh : Hamka 

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0858 seconds memory usage: 0.62 MB