Selasa, 25 Juli 2017

BPBD Pasuruan Siagakan Perahu Karet Antisipasi Banjir

id BPBD Pasuruan
BPBD Pasuruan Siagakan Perahu Karet Antisipasi Banjir
Banjir Pasuruan Sejumlah relawan membantu warga saat melewati lokasi banjir jalan pantura kraton, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (30/6). Banjir setinggi 1 meter tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Welang setelah diguyur hujan lebat sejak Rabu (29/6) malam sehingga membuat jalur pantura lumpuh. Antara Jatim/Umarul Faruq/zk/16 ()
Pasuruan (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, menyiagakan perahu karet untuk mengantisipasi terjadinya Banjir yang terjadi di wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Rabu mengatakan, selain perahu karet pihaknya juga menyiagakan sejumlah peralatan lainnya seperti ban-ban kecil, tali tampar dan juga peralatan komunikasi.

"Peralatan ini sudah disiagakan unik mengantisipasi terjadinya banjir yan terjadi di wilayah Kraton menyusul tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Pasuruan berapa waktu yang lalu," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah relawan, masyarakat dan juga petugas kepolisian unik siap siaga menghadapi banjir ini.

"Rekan-rekan dari petugas pengairan juga sudah siaga di masing-masing Dam dan pintu air untuk selalu mengupdate kondisi terkini terkait dengan ketinggian air yang menuju ke Kraton Pasuruan," katanya.

Dirinya menyatakan, kemungkinan banjir yang terjadi pada malam ini akan berlangsung lama menyusul adanya informasi air pasang yang terjadi di Selat Madura pada malam ini.

"Ada informasi pada pukul 21.00 WIB air pasang, sehingga air yang ada di Kraton ini tidak bisa bergerak sama sekali. Airnya tenang diam tidak mengalir karena air laut sedang pasang," katanya.

Dirinya sendiri belum bisa memastikan sampai pukul berapa air banjir yang terjadi di wilayah tersebut akan surut mengingat air tidak bisa mengalir kelaut.

"Saya belum tahu sampai kapan banjirnya selesai, namun yang jelas segala persiapan sudah dilakukan. Prediksi kami sampai dengan malam nanti air masih tetap menggenangi wilayah Kraton akibat meluapnya sungai Welang yang ada di wilayah itu," katanya.(*)

Editor: Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.1367 seconds memory usage: 0.58 MB