Sabtu, 21 Januari 2017

Disperinaker Bojonegoro Targetkan Penyaluran 4.000 Tenaga Kerja

id salurkan tenaga kerja, tenaga kerja Bojonegoro, naker bojonegoro, Disperinaker Bojonegoro
Disperinaker Bojonegoro Targetkan Penyaluran 4.000 Tenaga Kerja
Sejumlah tenaga kerja melepas merpati di lapangan minyak Banyuurip Blok Cepu di Bojonegoro. (Slamet Agus Sudarmojo)
"Manajemen perusahaan menawarkan lowongan tenaga kerja yang dibutuhkan sekaligus melakukan proses rekrutmen," jelas dia.
Bojonegoro (Antara Jatim) - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mentargetkan menempatkan 4.000 tenaga kerja di berbagai perusahaan pada 2017, menurun dibandingkan penempatan tahun lalu sebanyak 5.411 tenaga kerja.
    
"Penurunan target penyaluran tenaga kerja itu karena belum diketahui jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan yang biasa bekerja sama dengan kami dalam proses rekrutmen tenaga kerja," kata Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disperinaker Bojonegoro Sugi Hartono, di Bojonegoro, Selasa.
    
Oleh karena itu, pihaknya akan menghubungi sekitar 40 perusahaan yang tahun lalu pernah bekerja sama dalam proses rekrutmen tenaga kerja melalui pasar bursa kerja dan rekrutmen secara langsung.
    
Sekitar 40 perusahaan itu, lanjut dia, tidak hanya lokal, tetapi juga dari daerah lainnya di Jawa Timur, seperti perusahaan di Gresik, Sidoarjo, dan Pasuruan.
    
Ia menyebutkan tahun lalu sekitar 40 perusahaan itu membuka 10.424 lowongan tenaga kerja untuk ditempatkan di sembilan sektor, mulai pertanian, industri, juga sektor lainnya.
    
"Tapi lowongan kerja di berbagai sektor yang terisi hanya 5.411," tandasnya.
    
Lowongan tenaga kerja lainnya, lanjut dia, tidak terisi kemungkinan tenaga kerja tidak cocok dengan lowongan yang dibuka perusahaan.
    
"Nanti akan kami tanyakan lagi kepada perusahaan terkait kebutuhan tenaga kerja tahun ini," ucapnya menegaskan.
    
Dalam kerja sama tahun lalu, menurut dia, proses rekrutmen tenaga kerja dilakukan melalui berbagai pola antara lain, bursa pasar kerja yang diikuti perusahaan atau melalui proses rekrutmen secara langsung.
    
Dalam bursa pasar kerja, menurut dia, manajemen perusahaan langsung datang ke bursa pasar kerja di daerahnya.
    
"Manajemen perusahaan menawarkan lowongan tenaga kerja yang dibutuhkan sekaligus melakukan proses rekrutmen," jelas dia.
    
Selain itu, lanjut dia, proses rekrutmen tenaga kerja juga bisa dilakukan sewaktu-waktu secara langsung.
    
Ia memberikan contoh PT Indomart hari ini melakukan proses rekrutmen tenaga kerja dengan mengambil lokasi di kantornya.
    
Dalam pendaftaran hari itu, lanjut dia, lebih dari 100 tenaga kerja dari lokal, juga Tuban dan Blora, Jawa Tengah, yang mendaftar dan mengikuti tes.
    
"Indomart membutuhkan sekitar 500 tenaga kerja. Pelaksanaan tes hari ini dan 31 Januari," ucapnya. (*)

Editor: Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0078 seconds memory usage: 0.58 MB