Selasa, 24 Oktober 2017

Kiat Awet Muda dari Dokter Ahli Prancis

id Kiat Awet Muda dari Dokter Ahli Prancis
Kiat Awet Muda dari Dokter Ahli Prancis
Ilustrasi - Kacamata dari limbah kayu industri mebel - Antara Jatim/Ari Bowo Sucipto/zk/16. ()
Jakarta (Antara) - Rata-rata perempuan Prancis hidup dua tahun lebih lama ketimbang perempuan Inggris, dan mereka dikenal dengan penampilan awet muda meski sudah berumur. 

Laman Independent mengutip resep awet muda perempuan Prancis yang tertuang dalam buku baru dokter bedah Prancis Michel Cymes berikut ini:

1. Makan banyak bawang putih

Walau tidak hanya enak disantap begitu saja, bawang putih mengandung banyak manfaat kesehatan yang membuat kita hidup lebih lama. Bawang putih penuh antioksidan dan nutrisi anti-penuaan. Lebih baik makan bawang putih dalam keadaan mentah agar kandungan nutrisi tetap terjaga.

2. Bersihkan kulkas

Cymes menekankan pentingnya membersihkan kulkas setidaknya dua kali sebulan. Berlawanan dengan apa yang selama ini diyakini, bakteri bisa bertahan hidup dalam kondisi dingin. Dan tentunya apa yang ada di dalam kulkas akan berujung di dalam tubuh. 

Cymes merekomendasikan spons dan cuka anggur putih untuk membersihkan kulkas sebelum mengeringkannya dengan lap.

3. Makan malam di meja makan

Sebagai orang Prancis, Cymes tidak suka makan di depan televisi seperti yang disukai orang Inggris. Menurut dia, orang cenderung makan lebih cepat ketika menonton televisi, artinya jumlah kunyahan lebih sedikit dan makanan yang dilahap menjadi lebih banyak.

Duduklah di meja makan, kunyah makanan dengan baik, hindari makan terlalu banyak.

4. Beli kacamata hitam yang berkualitas

Kacamata hitam lebih penting untuk melindungi mata dan kulit di sekitarnya, bukan sekadar tampil keren.

Saat membeli kacamata hitam, Cymes menyarankan untuk mencari frame besar untuk mencegah sinar menyelinap, pastikan juga lensa sesuai standar Eropa (cek label CE) dan juga berkualitas.

5. Olahraga di air

Cymes menyarankan olahraga aqua cycling, bersepeda di dalam air. Olahraga ini membuat denyut jantung tetap rendah dan Anda bisa mengayuh lebih kuat, rasanya tidak secapek bersepeda biasa, tapi sebenarnya otot bekerja lebih keras.

6. Ganti bantal

Jarang ada orang yang sering mengganti bantal. Padahal bantal tua yang sudah usang dan tidak lagi menopang kepala dengan benar bisa membuat sakit leher. Cymes menyarankan bantal tebal bila lebih suka tidur miring, bantal agak keras bila lebih suka tidur telentang, dan bantal tipis bila tidur tengkurap.

7. Jangan merasa bersalah karena tidak bisa sempurna

Mayoritas orang merasa kecewa karena tidak bisa "memiliki semuanya", tapi Cymes percaya mencari kesempurnaan hanya akan berujung kegagalan.

Dia merekomendasikan tiga hal untuk diingat: tidak ada orang sempurna, beda dari orang lain adalah hal yang membuatmu menarik, dan dunia lebih rumit dari sekadar baik dan buruk.
(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Generated in 0.2516 seconds memory usage: 0.57 MB