Minggu, 23 Juli 2017

Jatim Target Juara Umum Popnas 2017

id pemprov jatim, dispora jatim, popnas
Jatim Target Juara Umum Popnas 2017
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Supratomo. (Foto Fiqih Arfani)
Kami bertekad merebut kembali juara umum yang sempat lepas dari dua penyelenggaraan Popnas sebelumnya
Surabaya (Antara Jatim) - Jawa Timur menargetkan juara umum pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 yang dijadwalkan digelar di Jawa Tengah pada September mendatang.

"Kami bertekad merebut kembali juara umum yang sempat lepas dari dua penyelenggaraan Popnas sebelumnya," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur Supratomo kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Jatim pernah menjadi yang terbaik di Popnas X/2009 di Yogyakarta dengan tampil sebagai juara umum, kemudian gagal di Popnas-Popnas berikutnya.

Dari total 23 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang olahraga pelajar terbesar se-Indonesia tersebut, Jatim berkesempatan mendulang medali emas sebanyak-banyaknya karena ikut di seluruh cabang.

"Awalnya ada 22 cabang olahraga, namun sekarang bertambah satu, yaitu tarung drajat dan itu menjadi salah satu cabang olahraga andalan kami," ucap mantan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setdaprov Jatim tersebut.

Beberapa cabang olahraga andalan lainnya, kata dia, yaitu panahan, pencak silat, senam, renang, serta sepak bola yang diyakini mampu meraih medali emas usai menjadi juara di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Malang, November 2016.

Sementara itu, sebagai bentuk mewujudkan ambisi dan target menjadi juara umum, pihaknya memberlakukan seleksi ketat bagi atlet-atlet, termasuk bagi mereka yang juara di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) maupun Popwil.

Menurut dia, prestasi tersebut belum menjamin keberadaannya sebagai kontingen Jatim di Popnas karena tergantung dari seleksi serta perkembangan dalam pemusatan latihan.

"Pada Januari ini kami telah membentuk tim bayangan dan menyiapkan pelatih sehingga bisa segera dilakukan perekrutan dengan berbagai pertimbangan tertentu, salah satunya catatan dan data prestasi maupun fisik," katanya. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0235 seconds memory usage: 0.57 MB