Minggu, 23 April 2017

Ribuan Bonek Adu Kreativitas di Parade "Bela Persebaya"

id bonek, parade, bela persebaya
Ribuan Bonek Adu Kreativitas di Parade
Bonek saat menggelar parade 'Bela Persebaya' dengan aksi jalan kaki dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya, Senin (26/12). (Foto Didik Suhartono)
Parade ini mewakili setiap kecamatan dan sengaja 'long march' agar semuanya tahu bagaimana perjuangan Bonek mendukung Persebaya
Surabaya (Antara Jatim) - Ribuan pendukung Persebaya atau Bonek, beradu kreativitas di parade "Bela Persebaya" yang dilakukan dengan jalan kaki dari Tugu Pahlawan di Jalan Pahlawan hingga Balai Kota Surabaya di Jalan Wali Kota Mustajab, Senin.

"Parade ini mewakili setiap kecamatan dan sengaja 'long march' agar semuanya tahu bagaimana perjuangan Bonek mendukung Persebaya," ujar koordinator lapangan, Saiful, kepada wartawan di sela aksi.

Tak hanya membawa bendera dan membentangkan spanduk berisi dukungan agar tim kesayangannya kembali bermain di Liga Indonesia, Bonek juga menampilkan replika berbagai macam bentuk, salah satunya buaya raksasa berwarna hijau sebagai simbol sekaligus kebesaran Persebaya.

Di sela aksi, para bonek tak henti-hentinya bernyanyi dan melompat sembari meneriakkan yel-yel dukungan terhadap Persebaya dengan diiringi tabuhan drum dan sebagainya.

Jalur yang dilewati yakni Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Wali Kota Mustajab dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Bonek berharap PSSI membahas nasib Persebaya dan kembali mengakui serta mengizinkan "Bajul Ijo" berkompetisi kembali sesuai janji yang sebelumnya sempat disampaikan.

"Kami berharap Persebaya ikut liga musim depan dan memang sudah selayaknya. Kami menunggu realisasi janji dari PSSI," ucapnya.

Koordinator parade Andi Peci kepada wartawan juga menyampaikan bahwa aksi ini rangkaian dari perjuangan Bonek sekaligus persiapan menanti Kongres PSSI  pada 8 Januari 2017 di Bandung, Jawa Barat.

"Kami minta dimasukkannya kembali Persebaya, terlebih di Persebaya sudah tak ada dualisme lagi," katanya.

Sementara itu, pantauan di sejumlah ruas jalan, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M. Iqbal didampingi sejumlah kepala kesatuan dan perwira menengah lainnya turut mengawal langsung aksi tersebut.

"Sama seperti berangkat, saat kembali Bonek tetap mendapat pengawalan," kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.0079 seconds memory usage: 0.57 MB