Meliuk-liuknya Air Mancur Menari di Taman Kantor Gubernur Jatim (Video)

id taman, air mancur, gedung negara grahadi
Meliuk-liuknya Air Mancur Menari di Taman Kantor Gubernur Jatim (Video)
Air mancur menari di taman Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya. (Foto Fiqih Arfani)
Saat malam, air mancur ini terlihat indahnya, ditambah lagi dengan semburan air dan liukannya yang berwarna-warni tersorot lampu hias
Air mancur di Surabaya tak terhitung jumlahnya. Mayoritas berada di tempat umum yang bisa dilihat dan disaksikan pengguna jalan.

Tapi, ada satu air mancur yang tak kalah indah dengan air mancur di beberapa titik di Surabaya. Tak hanya mengeluarkan air ke atas dan ke bawah, air mancur ini juga menari-nari, meliuk-liuk bak berjoget.

Lokasi tepatnya berada di tengah-tengah taman di dalam Kantor Gubernur Jawa Timur, di Jalan Pahlawan 110 Surabaya.

Tempatnya tersembunyi memang, tapi setiap akhir pekan atau hari libur, beberapa wisatawan, terutama dari mancanegara berkunjung.

Tak sekadar melihat air mancur, mereka juga ingin melihat dari dekat bangunan yang sudah dibangun sejak zaman Belanda tersebut.

Saat malam, air mancur ini terlihat indahnya, ditambah lagi dengan semburan air dan liukannya yang berwarna-warni tersorot lampu hias.

Bentuknya, semburan air menjulang ke atas hingga lima meter, kemudian di sekelilingnya belasan air mancur berjajar menjulang ke atas setinggi semeter lebih. Awalnya ke atas, kemudian merunduk.

"Itu tidak sembarangan lho filosofinya. Ada arti dan makna," ujar Kepala Biro umum Setdaprov Jatim Hizbul Wathon.

Air mancur, kata dia, menggambarkan bahwa tidak selamanya orang akan terus berada di atas, tapi kadang berada di bawah dan merunduk.

Ia mengakui Pemprov sengaja memperindah bentuk air mancur ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, terutama jika ada tamu dari berbagai daerah, atau bahkan luar negeri yang berkunjung ke kantor Gubernur.

"Tamu yang berkunjung kesini pasti akan kerasan karena disuguhi indahnya warna- warni air mancur saat malam," ucap mantan Kabiro Kesra Setdaprov Jatim itu.

Salah seorang pengunjung, Rahardi mengaku senang melihat pemandangan air mancur yang meliuk-liuk tepat di lingkaran tengan taman.

"Kalau dulu biasa sama seperti air mancur pada umumnya. Tapi yang sekarang ini berbeda karena airnya bisa berjoget," katanya.

Pria bertubuh tambun tersebut berharap air mancur di tengah taman kantor Gubernur Jatim itu bisa semakin mempercantik dan menambah kesan nyaman setiap tamu yang datang.

"Tak hanya tamu Gubernur, Wakil Gubernur atau pejabat Pemprov lainnya, tapi wisatawan asing yang datang bisa berselfie (swafoto) dan sekarang benar-benar lebih indah," imbuhnya. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.1214 seconds memory usage: 0.6 MB