Sabtu, 21 Oktober 2017

Dinas Kebersihan Kelola Sampah Jadi Bahan Bakar

id dinas kebersihan, kelola sampah, jadi bahan bakar
Kediri (Antara Jatim) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, Jawa Timur, mengelola sampah menjadi bahan bakar yang dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala DKP Kota Kediri Didik Catur, Selasa, mengatakan volume sampah saat ini sudah melebihi kapasitas dari tempat pembungan sampah, sehingga dicarikan jalan keluar, salah satunya dengan membuat biogas.

"Biogas itu diambil dari sampah yang sudah lama, minimal 10 tahun. Diolah dan dijadikan biogas," katanya di Kediri.

Ia mengatakan, tempat pembuangan sampah yang ada di Kota Kediri sudah melebihi kapasitas. Luas lahan yang ada 2,1 hektare dan sudah tidak mampu menampung sampah lagi. Volume sampah baik dari rumah tangga atuupun industri cukup besar, rata-rata 280-300 meter kubik per hari.

Ia mengatakan, untuk pemanfaatkan biogas dikelola dengan menggunakan pipa-pipa khusus. Sampah yang sudah ada, diambil lalu dimasukkan di tabung penyaring, diolah sedemikian rupa hingga keluar gas dan dialirkan ke warga.

Saat ini, sebanyak 250 kepala keluarga (KK) sudah memanfaatkan biogas dari sampah tersebut. Jumlah itu bertambah jauh jika dibandingkan program awal itu dilakukan, sejak tiga tahun lalu. Saat itu, warga yang memanfaatkan biogas hanya 75 KK.

Ia juga mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan masyarakat cidera akibat kebocoran pipa yang menyalurkan biogas tersebut. Masyarakat juga langsung melaporkan jika ada masalah seperti terjadi sumbatan, sehingga api tidak bisa menyala.

"Kami ada petugas yang selalu memantau. Tapi, jika terjadi masalah biasanya karena ternak (tersandung kaki ternak yang dilepas di sekitar pipa penyaluran biogas," ujarnya.

Terkait dengan iuran pemanfaatan biogas itu, Didik mengatakan dari DKP tidak melakukan pungutan. Masyarakat dipersilakan untuk iuran sendiri dan dari dana yang sudah terkumpul itu, bisa digunakan untuk membenahi alat jika ada kerusakan. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.0073 seconds memory usage: 0.57 MB