Rabu, 26 April 2017

Pemkot Beri Hibah Rp25 Juta Koperasi RW

id pemkot berikan hibah, hibah rp25 juta, pendirian koperasi rw
Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berencana memberikan dana hibah sebesar Rp25 juta untuk koperasi yang dibentuk di setiap rukun warga di daerah ini guna mendorong pemberdayaan masyarakat.

"Program ini kami lakukan untuk pemberdayaan masyarakat. Adanya koperasi untuk menyejahterakan anggota. Kami dorong setiap RW nantinya membuat koperasi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri Kristianto di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan, program untuk pendirian koperasi di setiap RW itu program baru. Jumlah RW di Kota Kediri mencapai 325 dan nantinya koperasi dibentuk secara bergiliran, selama rentang waktu tiga tahun, mulai 2015.

Untuk tahap pertama, ia mengatakan akan dibentuk sekitar 100 koperasi. Saat ini, sudah ada sekitar 60 proposal yang masuk terkait rencana pendirian koperasi di setiap RW di Kota Kediri ini.

Ia mengatakan, sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada warga di setiap RW terkait dengan harapan mereka mendirikan koperasi. Mereka diberi penjelasan prosedur, syarat, serta diberi dukungan dana.

Sebagai modal awal, ia mengatakan, koperasi yang berdiri bisa dengan modal Rp15 juta. Nantinya, pengurus harus melengkapi berbagai macam izin untuk pendirian koperasi termasuk harus berbadan hukum dan ada akte notarisnya.

Ia mengatakan, mayoritas dari pengajuan proposal yang masuk, mereka belum melengkapi persyaratan, salah satunya akte notaris. Namun, pemkot berjanji membantu memudahkan untuk pembuatan akte notaris, sehingga pengurus bisa menjalankan koperasi.

"Adanya badan hukum itu sebagai salah satu syarat nantinya mereka bisa mengajukan dana hibah," katanya.

Ia mengatakan, pendirian koperasi ini merupakan salah satu jalan agar masyarakat semakin sejahtera. Ia juga tidak risau dengan berbagai macam koperasi lainnya yang sudah berdiri di Kota Kediri, salah satunya adalah koperasi wanita karena mempunyai segmen berbeda.

Secara total, ia mengatakan, ada 475 koperasi yang ada di Kota Kediri. Mayoritas kondisi koperasi yang ada sehat. Dengan adanya koperasi yang dibentuk per RW nantinya jumlah itu akan bertambah.

Ia juga berharap, ke depannya koperasi yang dibentuk per RW ini bisa berkembang menjadi lebih besar lagi. Mereka bahkan bisa mengajukan tambahan modal dengan berbagai kemudahan.

Salah satu bentuk kemudahan itu, jelas dia adalah adanya penurunan suku bunga. Jika dulu, peminjaman akan dikenakan suku bunga sampai 6 per tahun dalam rentang waktu dua tahun, saat ini lebih diperlunak dengan suku bunga hanya 4 persen per tahun dalam rentang waktu pelunasan yang lebih panjang lagi, bisa sampai tiga tahun. (*)

Editor: Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.0076 seconds memory usage: 0.58 MB