Lumajang (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi Pemilu Legislatif 2014 di kawasan kompleks lokalisasi Dolog Desa/Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu.

Komisioner KPU Lumajang, Yuyun Baharita, mengatakan sasaran sosialisasi di kompleks lokalisasi Dolog Sumbesuko adalah peremuan pekerja seks komersial (PSK), mucikari, dan warga yang berada di kawasan lokalisasi setempat.

"Kami menampilkan hal yang berbeda dengan melakukan sosialisasi turun langsung ke tempat yang menjadi sasaran seperti lokalisasi, agar mereka menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif yang digelar 9 April 2014," tuturnya.

Pantauan di lapangan, tidak ada PSK yang hadir dalam sosialisasi tersebut dan sebagian warga yang menghadiri kegiatan sosialisasi adalah mucikari dan warga setempat.

"Kegiatan sosialisasi ditempatkan di rumah Pak RT karena di dalam kompleks lokalisasi, namun sayang para PSK tidak hadir karena mereka masih beristirahat," katanya.

Kendati demikian, kata dia, pihak KPU Lumajang meminta para mucikari yang hadir memberikan izin kepada para PSK untuk pulang kampung pada saat Pemilu Legislatif, sehingga mereka bisa menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS).

"KPU gencar melakukan sosialisasi guna menekan angka golput pada Pemilu 2014 karena KPU pusat menargetkan partisipasi pemilih di daerah bisa mencapai 70 persen, sehingga kami berusaha maksimal untuk turun ke bawah melakukan sosialisasi," paparnya.

Menurut dia, sasaran sosialisasi Pemilu 2014 di Kabupaten Lumajang adalah massa yang mengambang seperti pemilih pemula, keagamaan, dan kelompok perempuan, sehingga diharapkan kegiatan tersebut bisa tepat sasaran dan sesuai target yang diinginkan.

"Pada Pilkada Lumajang yang digelar 29 Mei 2013 tercatat angka golput sebesar 31 persen, sedangkan pada Pilkada Jatim di Lumajang tercatat angka golput mencapai 44 persen," ujarnya.(*)