Jumat, 22 September 2017

Pustakawan Jatim Kembangkan Kerja Sama dengan Malaysia

id pustakawan, perpustakaan, musda, FPPTI Jatim
Surabaya (AntaraJatim) - Pustakawan yang tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur mengembangkan kerja sama dengan pustakawan Malaysia dari Persatuan Perpustakaan Universiti dan Perpustakaan Negara (Perpun) Malaysia.

"Sejak Maret lalu, kami sudah menjalin jejaring dengan Perpun dan Perpustakaan Negara Malaysia, karena itu kami kembangkan jejaring itu dengan mengundang mereka dalam Musyawarah Daerah II FPPTI Jatim," kata Ketua FPPTI Jatim Munawaroh MSi di Surabaya, Selasa.

Dalam Musda II FPPTI Jatim di Ubaya Training Center (UTC) Trawas Mojokerto pada 17¿18 September itu, pustakawan dari STIE Perbanas Surabaya itu menjelaskan pihaknya mengundang dua pustakawan Malaysia sebagai "keynote speaker" dalam musyawarah itu.

Kedua pustakawan Malaysia dimaksud adalah Nafisah Ahmad dari Perpustakaan Negara Malaysia dan Amir Hussain MD Ishak selalu Chief Librarian Universiti of Putera Malaysia dan Ketua PERPUN Malaysia.

"Dengan mengundang pembicara dari PERPUN diharapkan kontak yang sudah terjalin akan dapat ditindaklanjuti, misalnya kemungkinan mengirim pustakawan Perguruan Tinggi Jawa Timur untuk magang di perpustakaan Perguruan Tinggi Malaysia," katanya.

Didampingi Ketua Panitia Musda II FPPTI Jatim Amirul Ulum, ia mengatakan kerja sama dengan Malaysia dilakukan pada saat "Library Sharing" yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 12-15 Maret 2013.

Oleh karena itu, Musda II FPPTI Jatim mengambil tema 'Peranan Jejaring Perpustakaan dalam Meningkatkan Kompetensi Pustakawan' dengan isu berjejaring (networking) sebagai tema penting bagi perpustakaan, khususnya perpustakaan perguruan tinggi.

"Isu jejaring itu juga penting bagi upaya pengembangan sumber daya manusia pustakawan dalam era informasi saat ini, terutama menyambut AFTA (Asean Free Trade Area) 2015 yang menuntut peningkatan kompetensi agar tidak terpinggirkan dalam persaingan global," katanya.

Selain itu, kerja sama yang terjalin juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pustakawan Jatim melalui jejaring dan keterampilan dalam berorganisasi, termasuk menjadi pengurus FPPTI Jatim yang baru.

"Tujuan Musda FPPTI adalah peningkatan forum kerja sama antar-Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Timur, sosialisasi peran organisasi FPPTI Jawa Timur, dan penyebaran informasi bagi sivitas akademika dan masyarakat luas," katanya. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga

Generated in 0.2212 seconds memory usage: 0.57 MB