Surabaya (Antara Jatim) - Tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur sama-sama optimistis akan memenangi pertarungan dalam Pilkada Provinsi Jatim pada 29 Agustus 2013.

Ketiga pasangan tersebut adalah pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawireja, serta Bambang DH-Said Abdullah.

"Saya optimistis akan memenangkan pertarungan pemilihan gubernur ini," kata Soekarwo, Khofifah Indar Parawansa, maupun Bambang DH, secara terpisah, usai acara Debat Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Rabu (21/8) malam.

Soekarwo menyatakan bahwa dia bersama Saifullah Yusuf sudah bekerja keras membangun Jawa Timur selama lima tahun terakhir.

Kemudian, untuk membangun Jawa Timur selama lima tahun ke depan, pasangan Karsa menawarkan program untuk perbaikan kesejahteraan pekerja, menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di Jawa Timur, serta melindungi para petani dengan membuat peraturan daerah.

"Saya optimistis akan memenangkan pemilihan gubernur ini. Saya tidak ingin menyebut target secara kuantitas, tapi saya optimistis," katanya.

Pernyataan, optimisme juga dilontarkan Khofifah yang menyatakan, menawarkan program-program pro-rakyat dengan menjanjikan peningakatan kesejahteraan kepada masyarakat Jawa Timur, melalaui sembilan program unggulan meliputi bidang ekonomi, infrastruktur, kesetaraan gender, kelestarian lingkungan, kesenian dan keamanan.

Pasangan Khofifah, Herman juga menjanjikan akan menyelesaikan persoalan korban lumpur Lapindo yang hingga saat ini belum selesai.

"Dari hasil survei internal terbaru kami berada di posisi pertama, sehingga saya yakin akan memenangkannya," katanya.

Sementara itu, Bambang DH menyatakan bahwa pasangan BambangSaid akan memenangkan Pilkada Jawa Timur ini.

Menurut Bambangm pasangan BambangSaid menawarkan perubahan pola pembangunan dengan menguatkan basis pembangunan di desa.

Dengan mengalokasikan anggaran Rp500 juta per tahun per desa dan dikelola secara baik, kata dia, maka dalam waktu lima tahun ke depan pertumbuhan ekonomi di desa-desa akan tumbuh dengan pesat.

"Program-program yang kami tawarkan seluruhnya adalah solusi untuk perbaikan masyarakat dan pembangunan Jawa Timur," kata mantan Wali Kota Surabaya ini.

Satu pasangan lainnya yang akan bertarung pada pilkada Jawa Timur adalah pasangan perseorangan (independen) Eggy Sudjana dan Muhammad Sihat. (*)