Surabaya (Antara Jatim) - Kontingen Jawa Timur terus menyiapkan para atletnya yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2013 di Jakarta pada September mendatang, melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar di daerah setempat.

Kepala Bidang Olahraga Prestasi Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim Dudi Harjantoro kepada wartawan di Surabaya, Minggu, mengatakan, Jatim saat ini memiliki sebanyak 15 Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang tersebar di berbagai kabupaten/kota.

"Sebagian besar atlet yang disiapkan untuk Popnas digembleng di PPLP, seperti atletik, bola voli, panahan, bulu tangkis, pencak silat, dan cabang olahraga lainnya," katanya.

Selama bulan Ramadhan ini, lanjut Dudi, program latihan para atlet Popnas tetap berjalan dan disesuaikan dengan kondisi fisik para atlet.

Selain melalui PPLP, atlet Popnas juga dijaring dari Sekolah Menengah Atas Olahraga (Smanor) Jatim yang berpusat di Kabupaten Sidoarjo.

Sekolah khusus atlet milik Pemprov Jatim itu, membina 10 cabang olahraga, antara lain atletik, judo, pencak silat, panjat tebing, selam, dan renang. Bahkan, telah banyak atlet potensial lulusan Smanor yang menjadi tulang punggung kekuatan Jatim di berbagai ajang kejuaraan nasional dan internasional.

"Keberadaan PPLP dan Smanor menjadi keuntungan buat Jatim untuk menyiapkan atlet-atlet untuk ajang olahraga pelajar. Nanti menjelang keberangkatan kontingen ke Jakarta, seluruh atlet dikumpulkan di Surabaya," tambahnya.

Pada Popnas 2013, kontingen Jatim akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang berjumlah 20, antara lain pencak silat, panahan, bulu tangkis, atletik, tenis meja, bola voli, karate, judo, dan renang.

Dudi Harjantoro menambahkan kontingen Jatim yang selalu mendominasi ajang Popnas sejak pertengahan tahun 2000-an, kembali menargetkan gelar juara umum.

Sebelumnya, Kepala Smanor Jatim Zainal Abidin mengatakan siswa Smanor yang memperkuat kontingen Jatim di ajang Popnas siap memberikan kemampuan terbaiknya untuk menyumbangkan medali emas.

"Hampir setiap Popnas, banyak atlet Smanor yang memperkuat kontingen Jatim dan selalu menyumbangkan medali. Mudah-mudahan tahun ini prestasi mereka bisa lebih baik," katanya. (*)