Lamongan, (Antara Jatim) - Alokasi dana desa (ADD) untuk Kabupaten Lamongan meningkat dari Rp35,2 miliar tahun 2012 menjadi Rp64, 8 miliar di tahun 2013 karena banyaknya infrastruktur desa yang akan dibangun.

Bupati Lamongan Fadeli, Selasa mengatakan total infrastruktur desa yang akan dibangun di wilayah Lamongan tahun 2013 mencapai 360 infrastruktur, selain itu ada 21 pasar desa yang juga dibangun.

"Tahun 2013 ada kenaikan ADD karena semakin banyaknya infrastruktur yang akan dibangun, seperti balai desa. Selain itu, tunjangan penghasilan aparat pemerintah desa atau TPAPD juga akan naik," katanya.

Fadeli berharap, dengan adanya peningkatan ADD tahun ini, dalam pelaksanaannya di lapangan dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku serta tepat sasaran.

"Untuk ADD tahun 2013 di Lamongan kita prioritaskan pembangunan desa seperti jalan poros desa serta pembangunan pasar desa," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Infokom Lamongan, Mohammad Zamroni mengatakan, jumlah balai desa yang akan dibangun melalui ADD 2013 mencapai 68 balai, atau meningkat dibanding tahun 2012 yang hanya sebanyak 34 balai desa.

Selain itu, ada delapan embung sebagai penahan banjir di wilayah Lamongan juga akan dikeruk, ditambah perbaikan jaringan irigasi serta plengsengan sungai.

Ia mengatakan, naiknya ADD juga akan berdampak pada kenaikan tunjangan kepala desa dari Rp900 ribu/bulan menjadi Rp960 ribu/bulan.

"Kenaikan itu turut dibarengi dengan kenaikan bagi sejumlah kepala seksi di balai desa, yang awalnya Rp800/bulan menjadi Rp850 ribu/bulan," katanya.(*)