Surabaya (Antara Jatim) - Sekitar 1.157 peserta akan mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-25 tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar pada 17-26 Juni 2013 di Surabaya.

"Dari semua 38 kabupaten/kota di Jatim, tidak ada yang absen dan tercatat mewakili daerahnya masing-masing. Tujuan kegiatan ini satu, yakni menjalankan misi syiar, dengan tema Cahaya Al-Quran Wujudkan Masyarakat Berakhlaq dan Sejahtera," ujar Asisten III Setdaprov Jatim, Edi Purwinarto, kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Dalam ajang ini, para peserta didampingi 896 ofisial dari semua daerah. Sehingga total ada 2.051 utusan yang mengikuti perhelatan rutin dua tahunan tersebut. Selama di Surabaya, semua utusan ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo.

Edi berharap, melalui MTQ ini, mendorong tumbuh kembangnya generasi Qur'ani di kalangan umat muslim serta mengusai seni baca tulis Al-Quran dan terlahir para qari dan qariah, maupun tanfidz dan tanfidziyah di Provinsi Jawa Timur.

"Utusan yang terbaik nantinya akan mewakili Jawa Timur di perhelatan MTQ tingkat nasional tahun depan. Kami ingin perwakilan provinsi ini mampu menampilkan yang terbaik," kata dia.

Sementara itu, Penanggung Jawab MTQ ke-25 Eko Hariyanto mengatakan, perhelatan akbar MTQ ini memperlombakan tujuh cabang Musabaqah, yakni Tilawah Al-Quran, Tanfidz Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Syarhil Al-Quran, Khat Al-Quran, Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

"Kami telah menyiapkan sembilan lokasi, diantaranya Masjid Al-Akbar, Asrama Haji, Graha Sawunggaling, Stadion Gelora 10 November dan sejumlah lokasi lainnya," katanya.

Asisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekkota Surabaya tersebut menjelaskan, dalam pelaksanaan selama MTQ, juga digelar pameran produk unggulan yang mempromosikan semua daerah. Hingga saat ini, kata dia, sudah ada 26 kabupaten/kota yang mendaftar.

"Jumlah peserta pameran akan bertambah, karena sudah ada yang konfirmasi lagi. Kami siap menampung dan membantu mempromosikan produk unggulan. Pameran akan diselenggarakan di lapangan Gelora 10 November," kata Eko.

Dijadwalkan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo akan membuka secara resmi MTQ ke-25 pada Selasa, 18 Juni 2013, sekitar pukul 19.00 WIB, di Stadion Gelora 10 November. Sebelum upacara pembukaan, semua peserta akan mengikuti pawai ta'aruf sebagai bentuk ucapan selamat datang, sekitar pukul 15.00 WIB.

Sedangkan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Sudjak, mengatakan dalam ajang kali ini semua menggunakan sistem teknologi informasi, sehingga dapat dilihat oleh siapa saja dan di mana saja. Tidak hanya proses pendaftaran, sistem serupa juga dilakukan untuk model penilaian.

"Kami berharap, penilaian secara transparan mampu meminimalisasi sesuatu yang tidak diharapkan. Kami juga ingin pemenang nantinya memiliki kualitas yang memang diakui masyarakat dan juara sejati, sehingga mampu menjadi utusan membanggakan bagi Jawa Timur," katanya. (*)