Gresik, (Antara Jatim) - Sebanyak 26 cabang olahraga yang dimiliki Kabupaten Gresik, akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Jatim 2013 yang berlangsung di Madiun, Sabtu (22/6).

Kepala Administrasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gresik, Sadad, Jumat mengatakan, dari 26 cabang yang ikut dalam Porpov diharapkan akan meraih 16 medali emas, sesuai target awal.

"Memang kita targetkan sebanyak 16 medali emas. Target itu sama seperti tahun lalu, selain itu juga mendapatkan 16 perak dan 26 perunggu," ucapnya.

Untuk cabang andalan atau ujung tombak dalam meraih emas di antaranya Atletik, Renang, Senam serta Sepak Takraw.

"Cabang-cabang itu memang merupakan yang dikuasai oleh Kabupaten Gresik, selain itu kita berharap cabang lain juga mendapatkan medali emas," ujarnya, berharap.

Pada pelaksanaan Porpov tahun lalu di Kediri, Kabupaten Gresik meraih 16 medali emas, 16 perak dan 26 perunggu, dan penerima emas mendapat bonus sebesar Rp10 juta, perak Rp3,5 juta, dan perunggu Rp 2,5 juta.

"Tahun ini jumlah itu akan kita tingkatkan, oleh karena itu kita persiapkan sejak dini atlet kita, sehingga kita harapan masing-masing cabang bisa bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Gresik," tandasnya.

Sementara itu, pelaksanaan Porpov Jatim di Madiun akan mempertandingkan sebanyak 16 dari total 30 cabang olahraga, ditambah empat cabang yang masuk eksibisi yakni anggar, hoki, tarung derajat, dan drum band.

Ke-16 cabang olahraga itu adalah bola basket, wushu, karate, pencak silat, biliar, gulat, atletik, panjat tebing, tenis, sepak bola, angkat besi, binaraga, balap sepeda, futsal, judo, dan taekwondo.

Sedangkan 14 cabang olahraga utama lainnya disebar ke beberapa daerah sekitar Madiun, seperti Kabupaten Magetan (bridge, tenis meja, senam, aeromodeling), Ponorogo (renang, selam, bulu tangkis, kempo, panahan), Pacitan (bola voli, sepak takraw, voli pantai, catur), dan Ngawi (tinju, sepak bola).(*)