Surabaya (Antara Jatim) - Direktur Jasa dan Niaga Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya, Lutfi Rachmad, memperkirakan harga daging sapi pada bulan Ramadhan tahun 2013 cenderung meningkat karena terbatasnya pasokan.

"Tahun ini angka penurunan pemotongan hewan di RPH  Surabaya cukup tinggi," katanya, pada Rapat Koordinasi bertajuk "Pedagang Dalam Menghadapi Bulan Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1434 H", di Surabaya, Selasa.

Ia memprediksi, jumlah pemotongan sapi di Rumah Pemotongan Hewan Surabaya mengalami penurunan hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai dua kali lipat daripada hari normal.

"Meski demikian, kini jumlah sapi yang dipotong di RPH Surabaya ada kenaikan antara lima hingga 10 ekor per hari daripada kondisi biasa mencapai 200 ekor per hari," ujarnya.

Peningkatan tersebut tidak seimbang dengan permintaan masyarakat Surabaya terhadap daging sapi. "Apalagi, menjelang bulan puasa Ramadhan dan hari Raya Lebaran mendatang," katanya.

Di tempat berbeda, Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Jatim, Muthowif, menyatakan, tentang instruksi Kementerian Perdagangan dan Kementerian terkait yang menargetkan harga daging sapi Rp75 ribu perkilogram dan harga sapi hidup siap potong Rp30 ribu perkilogram dinilai sulit direalisasi.

"Bisa terwujud dengan angka itu ya sangat mustahil," katanya.

Di sisi lain, tambah dia, pemerintah hanya memberi wacana dan hingga kini memang belum ada realisasinya. Apabila sampai pertengahan Juni ini pemerintah melalui BUMN tidak melakukan impor sapi bakalan dan siap potong, diperkirakan harga daging awal Ramadhan naik antara Rp90 ribu hingga Rp95 ribu perkilogram.

"Bahkan harganya bisa meningkat menjadi Rp110 ribu perkilogram pada Lebaran tahun ini," katanya.

Hal itu, lanjut dia, terlihat dari pergerakan harga daging sapi yang pada bulan November 2012 hingga Juni 2013 di berbagai daerah di Jatim tetap di posisi Rp80 ribu hingga Rp85 ribu perkilogram.

"Sementara, harga sapi hidup siap potong di pasar sapi tradisional Rp30 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram. Lalu, harga sapi hidup siap potong di penggemukan (feedloter) rata-rata Rp36 ribu hingga Rp37 ribu per kilogram," katanya.(*)