Surabaya (Antara Jatim) - Jawa Timur keluar sebagai juara umum sekaligus sukses mempertahankan gelar dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan 2013 yang digelar di Surabaya sejak 24 Mei, usai mengumpulkan 22 emas, 7 perak dan 5 perunggu.

Raihan medali yang didapat atlet-atlet Jatim tersebut sesuai dengan harapan dan target yang dicanangkan Pengprov Persatuan Panahan seluruh Indonesia (Perpani) setempat.

"Ini berkat perjuangan anak-anak yang tidak patah semangat dan sesuai dengan target, yakni mempertahankan juara umum," ujar Sekum Perpani Jatim, Deny Trisyanto di sela penutupan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan 2013.

Di posisi kedua, ditempati atlet Jawa Barat dengan perolehan 5 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Sedangkan, posisi ketiga ditempati Kalimantan Timur dengan 4 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Hasil tersebut membuktikan Jatim sangat mendominasi dibandingkan daerah-daerah lainnya.

Keunggulan Jawa Timur atas kontingen daerah lain sudah diprediksi sejak awal. Pasalnya, di kejuaraan yang digelar di Lapangan Panahan KONI Jatim tersebut, Jawa Timur diperkuat oleh empat atlet Pelatnas, yakni Riau Ega, Diananda Choirunnisa, Della Adisti Handayani dan Lilies Haliarti.

"Tentu saja dengan kehadiran para atlet nasional, membuat semangat tanding dan optimistis mempertahankan juara umum bertambah," kata Deny.

Yang membanggakan, atlet Jawa Timur Diananda Choinurnisa mampu menjadi atlet pengumpul medali emas terbanyak dengan 7 medali emas. Diantaranya Rinciannya, dari nomor 70 meter recove, 60 meter recove, 50 meter recove, 30 meter recove, aduan perorangan putri, aduan regu putri recove putri dan mix tim.

"Hasil Ini sesuai dengan target awal saya, yakni 7 emas. Syukurlah sesuai target dan tidak ada satupun yang lepas," ujarnya.

Atlet Pelatnas Sea Games 2013 ini mengaku memiliki persiapan selama seminggu menghadapi kejurnas ini. Setelah sukses membantu Jatim mempertahankan juara umum, ia akan kembali ke Jakarta untuk konsentrasi Pelatnas.

Kejurnas Panahan sendiri diikuti total 296 atlet dari 21 daerah di seluruh Indonesia. Kejuaraan ini total melombakan 37 nomor. Rinciannya, 12 nomor recurve, 12 nomor compound, 10 nomor nasional dan sisanya adalah mix team. (*)