Madiun (Antara Jatim) - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Madiun menargetkan perolehan tujuh medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur IV di Kota Madiun, Juni 2013.

"Dari 16 medali emas yang diperebutkan di cabang olahraga silat, kami menargetkan tujuh medali di antaranya," ujar Ketua IPSI Kota Madiun Murjoko, kepada wartawan, Selasa.

Menurut dia, untuk meraih target tersebut, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 22 pesilat terbaiknya yang terdiri dari 11 pesilat putra dan 11 pesilat putri.

"Para pesilat tersebut telah mengikuti pemusatan latihan yang dilakukan di Padepokan PSH Terate selama tiga bulan terakhir," kata Murjoko.

Nantinya, para pesilat tersebut akan diturunkan di kategori tanding putra dan putri masing-masing lima nomor serta kategori seni putra dan putri yang terdiri dari tiga nomor yakni tunggal, ganda, dan beregu.

Pihaknya menjelaskan, para pesilat tersebut merupakan atlet baru yang belum memiliki prestasi di tingkat regional. Meski demikian, IPSI Kota Madiun optimistis terhadap kemampuan anak asuhnya karena sebelumnya telah mengikuti pelatihan dengan ketat di sela-sela jam belajar mereka sebagai siswa.

"Selain itu, mereka juga telah diikutkan pada sejumlah ajang kejuaraan untuk melatih mental para atlet," jelas Morjoko lebih lanjut.

Ia menambahkan, selama ini kendala yang dihadapi dalam menyiapkan atlet adalah tidak adanya fasilitas latihan dan minimnya dana untuk pembinaan atlet.

"Selama ini latihan kami lakukan secara mandiri, sebab belum ada bantuan alat dan fasilitas dari KONI maupun Pemkot Madiun. Kami bersyukur karena PSH Terate bersedia memberikan tempat dan fasilitas untuk latihan," tambahnya.

Walaupun tidak memiliki fasilitas yang memadai, pihaknya tetap yakin jika atletnya dapat mendulang kemenangan dan memberikan yang terbaik bagi Kota Madiun.

Seperti diketahui, Porprov Jatim IV Madiun 2013 akan berlangsung pada tanggal 23-30 Juni mendatang. Ajang tersebut akan digelar di lima kota dan kabupaten di wilayah Madiun dan sekitarnya, dengan mempertandingkan 30 cabang olahraga (cabor).

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia di tingkat lokal maupun tingkat Provinsi Jawa Timur. Sedangkan, lokasi untuk 30 cabor tersebut tersebar di Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Magetan. (*)