Surabaya (Antara Jatim) - Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) mendaftarkan sebagai calon Gubernur Jawa Timur diiringi ratusan massa dan menumpangi kereta kelinci ke Kantor Komisi Pemilihan Umum di Jalan Raya Tenggilis Surabaya, Minggu.

Bakal Cagub Jatim Soekarwo mengaku sengaja mendaftar di hari terakhir di hari pendaftaran pasangan calon, karena sudah sesuai koordinasi dan komunikasi dari sejumlah pihak yang mendukung dan berupaya memenangkannya.

"Sebelum mendaftar sudah kami komunikasikan dan konsultasikan dengan semuanya. Tim juga menunggu hari baik untuk mendaftar, yaitu hari ini," ujarnya kepada wartawan usai pendaftaran.

Kedatangan pasangan yang saat ini menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tersebut, didampingi pengurus dan kader sepuluh partai politik parlemen dan sejumlah partai politik nonparlemen.

Total, pasangan "Karsa" mendaftar ke KPU Jatim dengan modal 70 kursi parlemen di DPRD Jatim. Rinciannya masing-masing Partai Demokrat (22 kursi), Golkar (11 kursi), Gerindra (8 kursi), PKS (7 kursi), PAN (7 kursi), PKNU (5 kursi), Hanura (4 kursi), PPP (4 kursi), PBR (1 kursi) dan PDS (1 kursi).

Kemudian, beberapa partai nonparlemen yang memberikan rekomendasi ke "Karsa" antara lain Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republikan, Partai Barnas, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), PNBK, PNI Marhaenisme, Partai Pemuda Indonesia, Partai Patriot dan lainnya.

"Semoga dengan kekuatan dan kesolidan semua kader partai politik, membuat kami semakin semangat bekerja keras untuk kembali menyejahterakan rakyat Jawa Timur," kata gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Sedangkan, Saifullah Yusuf mengungkapkan siap bertarung sehat dalam Pilkada Jatim yang diselenggarakan 29 Agustus 2013. Pihaknya optimistis dengan kekuatan yang dimiliki saat ini mampu menjadikannya memimpin kembali selama periode 2014-2019.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, juga mengaku akan memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi dan memperkenalkan pasangan "Karsa" ke masyarakat luas.

"Selain strategi langsung turun ke lapangan dan menyapa masyarakat, kami juga akan menggunakan strategi melalui media sosial seperti, 'facebook', 'twitter' dan sebagainya untuk memberikan informasi tentang 'KarSa' yang dapat dipantau dimanapun dan kapanpun," paparnya.

Kedatangan pasangan "Karsa" disambut dan diterima Ketua KPU Jatim Andry Dewanto dan sejumlah komisioner lainnya beserta Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Pilkada Jatim.

Menurut Andry Dewanto, pasangan ini merupakan yang terakhir mendaftar ke KPU setelah tiga pasangan sebelumnya, yakni Khofifah-Herman Sumawiredja, Eggi Sudjana-M. Sihat, dan Bambang DH-Said Abdullah.

"Setelah ini kami akan memproses dan melakukan verifikasi berkas pendaftaran para pasangan. Terima kasih dan selamat kepada semua pasangan yang mendaftar," katanya sembari mengatakan pihaknya akan menutup batas pendaftaran secara resmi pukul 24.00 WIB malam nanti.(*)