Surabaya (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur mengatakan bahwa belum ada satu pun pasangan bakal calon gubernur yang mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim, Senin.

"Tidak ada satu pun pasangan bacagub yang mendaftar. Mungkin karena masih awal, jadi masih sepi," ujar Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jatim, Agus Mahfudz Fauzi, di Surabaya.

Pihaknya secara resmi membuka masa pendaftaran tanggal 13-19 Mei 2013, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Namun, khusus hari terakhir dibuka hingga tepat pukul 24.00 WIB.

Agus menyatakan sudah menyiapkan petugas khusus untuk menerima pasangan bacagub yang mendaftar. Hingga saat ini, dari empat wacana bacagub yang maju, hanya dua yang sudah menyampaikan waktu pendaftarannya.

Pertama, yakni pasangan bacagub Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang akan mendaftarkan diri ke KPU pada 18 Mei 2013. Pasangan tersebut diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung yang langsung akan mendampingi.

Di samping itu, kata Agus, pada 15 Mei 2013, pasangan bacagub jalur perseorangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat yang akan mendatangi KPU Jatim.

"Sedangkan, bacagub lainnya belum ada yang menyampaikan waktu pendaftaran. Hanya ada beberapa perwakilan dari bacagub yang bertanya tentang teknis pendaftaran secara detil," katanya.

Salah satunya, lanjut dia, pada hari ini perwakilan tim dari Bacagub Khofifah Indar Parawansa mendatangi KPU dan menanyakan teknis pelaksanaan pendaftaran, termasuk apa saja berkas dan dokumen yang akan dibawa ketika mendaftar nantinya.

Sementara itu, Bacagub Soekarwo mengaku masih menunggu hari baik untuk mendaftar ke KPU Jatim. Pihaknya juga masih menunggu petunjuk dari sejumlah kiai untuk menentukan hari baik mendaftar.

"Saya masih belum menentukan waktunya kapan, soalnya masih rundingan dulu dengan Gus Ipul. Bisa Jumat (17/5) atau Minggu (19/5). Nanti juga akan konsultasi dengan kiai dulu," kata Soekarwo kepada wartawan usai menghadiri peresmian kantor Bawaslu Jatim, Jalan Tanggulangin Surabaya, Senin.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut memastikan akan mengajak 10 parpol pengusung dan puluhan parpol nonparlemen ke KPU Jatim. Sepuluh parpol itu adalah Partai Demokrat, Hanura, Golkar, PDS, PKNU, Gerindra, PPP, PKS, PAN dan PBR.

"Yang belum memberikan rekomendasi secara formal hingga saat ini hanya PAN dan Gerindra. Tapi secara prinsip sudah, hanya masalah teknis dan tinggal mengatur waktu saja," katanya. (*)