Trenggalek (Antara Jatim) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Trenggalek, mengirim ulang daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) untuk Pemilihan Gubernur Jatim 2013, karena data serupa yang dikirim sebelumnya ditemukan kesalahan pencantuman nomor induk kewarganegaraan (NIK).

"Kesalahannya telah kami perbaiki semua dan langsung dikirim ulang kemarin (Senin, 7/5) ke KPU Jatim serta Dispendukcapil Jatim," terang Kepala Dispendukcapil Kabupaten Trenggalek, Bambang Agus Setyaji, Selasa.

Ia menjelaskan, kesalahan data NIK terjadi karena masalah teknis, yakni saat input data nomor induk yang tidak diubah dalam format yang semestinya, sehingga saat dibuka menggunakan program "exel" menjadi rusak/salah.

"Masalahnya, nomor itu format awalnya adalah teks, pada saat pemindahan ke kolom exel tidak diubah, akibatnya angka NIK terakhir yang tercantum itu menjadi nol semuanya," katanya.

Bambang mengungkapkan, awalnya pihak Dipendukcapil Trenggalek tidak menyadari kesalahan data ratusan ribu NIK tersebut, hingga mereka menerima surat permohonan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek untuk memperbaiki seluruh kesalahan data kependudukan yang dijadikan DP4 tersebut.

"Surat dari KPU kami terima tanggal 3 Mei, kemudian tanggal 6 Mei atau Senin kemarin sudah kami kirimkan perbaikannya," ujarnya.

Namun, Bambang Agus membantah pernyataan Wakil Ketua KPU Jawa Timur yang menyebutkan kesalahan NIK Trenggalek jumlahnya hampir mencapai satu juta, dengan argumentasi jumlah DP4 di wilayahnya hanya sebanyak 502.147.

"Kami tegaskan jumlah itu kalau hanya untuk Kabupaten Trenggalek saja tidak benar, sesuai dengan data kami jumlah penduduk di sini hanya sekitar 635 ribu, sedangkan yang masuk DP4 502 ribu sekian tadi," imbuhnya.

Bambang mengaku siap membantu KPU untuk memperlancar jalannya pemilihan gubernur maupun legislatif, dispendukcapil akan segera menindaklanjuti apabila dikemudian hari ditemukan kesalahan yang berhubungan dengan data keoendudukan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPU Jatim, Agus Mahfud Fauzi merilis, hampir satu juta NIK penduduk Trenggalek yang masuk dalam DP4 pemilihan gubernur 2013 salah.

Kesalahan tersebut diketahui setelah KPU melakukan pemeriksaan DP4 yang dikirimkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Trenggalek. (*)