Surabaya (Antara Jatim) - Ribuan warga Kota Surabaya antusias dengan turun ke jalanan untuk menyaksikan dari dekat agenda Parade Budaya dan Pawai Bunga 2013 di sejumlah jalan protokol mulai dari Tugu Pahlawan hingga Taman Surya, Minggu sore.

"Saya senang bisa melihat dari dekat parade budaya ini," kata salah seorang warga Surabaya, Ilham saat menyaksikan parade budaya di Taman Surya.

Menurut dia, hampir setiap tahun, ia tidak melupakan agenda tahunan yang digelar Pemkot Surabaya dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-720. "Seperti saat ini, saya datang sama teman-teman," ujarnya.

Parade Budaya dan Pawai Bunga 2013 kali ini dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dengan ditandai penerimaan bendera logo Kota Surabaya. Parade diawali oleh barisan Paskibraka Pemkot Surabaya, kemudian puluhan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya. Lalu STTAL Surabaya yang menaiki replika KRI Yos Sudarso.

Ada juga pasukan sepatu roda, pasukan egrang, lalu mobil hias DKP Surabaya, Universitas Airlangga, PT Pelindo III yang menampilkan perahu naga pasukan Tar-Tar dan pertunjukan barongsai.

Tidak mau kalah, Dinas Pendidikan Surabaya mengerahkan ratusan siswa, di antaranya aktraksi marching band Gita Rama dan Sinta SMP 1 Surabaya juga marching band SMP Kemala Bhayangkari I Surabaya.

Selain itu, ada juga mobil hias dari Telkomsel bertema Rama Sinta, PD Pasar Surya, PD RPH Surabaya, serta IAIN Sunan Ampel.

Para peserta mengawali parade dengan start dari Tugu Pahlawan menuju Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, dan finish di Taman Surya.

Di sepanjang jalan, warga sangat antusias untuk ikut menyaksikan. Beberapa dari mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan setahun sekali itu dengan mengabadikan momen tersebut via kamera atau ponsel.

"Tingginya antusiasme warga dalam menyaksikan Parade Budaya dan Pawai Bunga 2013 ini menjadi salah satu tanda suksesnya acara ini," tegas Yayuk Eko Agustin, Sekretaris Panitia HJKS ke-720.

Dijelaskan Yayuk, untuk tahun 2013 ini, sedikitnya ada 65 kendaraan berhias bunga, juga barongsai, marching band, fashion show dan kesenian daerah, yang tampil dalam Parade Budaya dan Pawai Bunga yang sudah menjadi agenda Nasional ini.

Peserta berasal dari beberapa perusahaan, SKPD Pemkot Surabaya, taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), juga ada beberapa peserta yang berasal dari luar kota seperti Bantul dan Pasuruan. "Pawai tahun ini mengedepankan parade budaya dan bunga, bukan bunga saja, jadi ini lebih meriah.

Menurut dia, agenda ini sudah menjadi ikon Nasional. "Tiap tahun kualitasnya terus kita perbaiki. Ini persembahan dari Surabaya untuk Indonesia menuju dunia," jelas Yayuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menegaskan, secara kuantitas, peserta Parade Budaya dan Pawai Bunga 2013 kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya.

"Tetapi secara kualitas kita terus berupaya untuk meningkatkan. Karena agenda ini sudah menjadi komoditas pariwisata yang bisa kita jual untuk mendatangkan wisatawan ke Surabaya," kata Wiwiek.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, persiapan untuk acara ini sudah dilakukan sejak lama. Bahkan Dinas Pariwisata juga melakukan sosialisasi sejak akhir 2012 kepada biro-biro perjalanan, hotel dan stake holder pariwisata.

"Tidak ada kewajiban bagi instansi atau BUMD dalam mengikuti kegiatan ini. Semua kita seleksi," katanya. (*)