Bangkalan (Antara Jatim) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Bangkalan menyerahkan 50 orang daftar calon sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Mereka itu merupakan bakal calon legislatif dari semua daerah pemilihan yang ada di Bangkalan ini," kata Wakil Ketua I DPD Partai Nasdem Bangkalan Muzakki, Senin.

Pendaftaran bacaleg partai Nasdem di Bangkalan ini sempat menarik perhatian masyarakat, karena mereka menaiki 12 delman, dari kantor Partai Nasdem di jalan Jalim Perdana Kusuma, menuju kantor KPU Bangkalan.

Tidak hanya itu, para bacaleg juga memakai topeng bergambar hewan, bahkan ada yang bergambar anjing, monyet dan buaya.

Menurut Muzakki, pakaian yang mereka gunakan itu sebagai bentuk kritik kepada anggota legislatif selama ini yang cenderung berpura-pura dan kurang peduli atas kepentingan rakyat yang diwakili.

"Kami pada bacaleg dari partai Nasdem tidak ingin, menjadi anjing penjilat, seperti oknum anggota legislatif yang ada di Bangkalan," katanya.

Partai Nasdem, lanjut Muzakki, akan bekerja maksimal dalam mewakili aspirasi rakyat, bukan menjadi "kacung" dari aparatur birokrasi.

Selanjutnya, kata dia, para bacaleg partai Nasdem ini juga membuka topeng mereka di halaman kantor KPU Bangkalan dan membakarnya.

Setelah itu, mereka juga mendaftarkan diri dengan membawa berkas persyaratan di 6 dapil se-Kabupaten Bangkalan.

Ketua DPD Nasdem Bangkalan KH Imam Bukhori Kholil menyatakan, pihaknya menargetkan akan menguasai parlemen pada pemilu legislatif 2014 dengan target perwakilan minimal 30 orang.

"Kami optimis target kami akan tercapai, karena bacaleg yang akan berangkat dari partai ini semuanya memiliki popularitas yang cukup tinggi dikenal masyarakat," katanya. (*)