Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4) untuk pemilihan kepala daerah di Kota Kediri dan DP4 Pilkada Jatim yang dilakukan bersamaan, pada KPU setempat.

Sekretaris Daerah Kota Kediri Agus Wahyudi, Senin mengatakan data ini digunakan sebagai acuan oleh KPu Kota Kediri untuk pelaksaan pilkada. Data itu nantinya akan ditetapkan sebagai pemilih.

"DP4 ini nantinya akan direvisi menjadi daftar pemilih sementara (DPS) dan menjadi daftar pemilih tetap (DPT)," katanya ditemui setelah acara penyerahan di Balai Kota Kediri itu.

DP4 untuk Pilkada Kota Kediri berjumlah 226.041 penduduk, sementara DP4 Pilkada Jatim sebanyak 212.412 penduduk. Data itu langsung diterima oleh KPU Kota Kediri. Data itu merupakan hasil rekap dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan tahapan untuk Pilkada Kota Kediri dan Pilkada Jatim saat ini sudah dimulai. Semua persiapan untuk pilkada itu sudah terbentuk di antaranya membentuk PPK.

Ketua DPRD Wara S Renny Pramana berharap, KPU dan Panwas Kota Kediri nantinya bisa menjalankan tugas dengan baik dan profesional.

"Kami berharap mereka bisa menjalankan dengan profesional, tidak condong ke kanan atau ke kiri." katanya berharap.

Pihaknya juga meminta KPU membenahi segala titik lemah di antaranya tentang masalah DP4, DPS, sampai DPT, dimana harus dicermati warga yang pindah, datang, maupun yang meninggal dunia. Dengan itu, diharapkan dalam proses pendataan, tidak ada warga yang tidak mendapatkan hak suara. (*)