Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari S. telah mengecek kesiapan dalam Latihan Parsial Latgab TNI 2013 dengan melaksanakan inspeksi personel dan material Pasukan Pendarat (Pasrat 13) dan Satgas Ambalat XVI di Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Surabaya.

Staf Penerangan Pasmar-1 dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Sabtu, melaporkan Gelar Kesiapan Pasukan dan Material itu dilakukan Pasmar-1 untuk mengikuti Latihan Parsial Gabungan TNI Tahun 2013 di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu terakhir Maret 2013.

Latihan Parsial Latgab TNI 2013 melibatkan lebih dari 2.000 prajurit Korps Marinir dan juga melibatkan material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL.

Material tempur yang terlibat antara lain 15 unit BMP-3F, 25 unit BTR-50, empat unit LVT-7, empat unit Kapa K-61, dua unit Kapa PTS, dua unit BVP-2, empat unit How-105 mm dan dua unit RM-70 Grad serta 16 perahu karet beserta motor tempelnya.

Seluruh personel dan material tempur itu akan digerakkan ke daerah latihan pendaratan amfibi dengan menggunakan KRI Makassar-590, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Sibolga-544, KRI Teluk Mandar-514, KRI Teluk Cendrawasih-534, KRI Teluk Banten-516, dan KRI Teluk Cirebon-543.

Dalam pengarahannya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan Komandan-komandan satuan terkait harus terlibat, walaupun komandan satuan tersebut tidak ikut serta dalam latihan parsial itu.

"Saya mengharapkan kepada Komandan-komandan Satuan yang anak buahnya terlibat hanya satu peleton, satu kompi, tetapi para Komandan Batalyon harus ikut serta memperhatikan kesiapan-kesiapan personelnya, kesiapan-kesiapan materialnya, kesiapan-kesiapan ilmunya, kesiapan-kesiapan keterampilannya untuk mencari menemukan dan menghancurkan musuh," katanya.

Menurut dia, latihan ini untuk mengasah agar ke depan apabila dihadapkan dengan musuh sebenarnya siap untuk menghancurkan dan merebut serta mempertahankan negara tercinta.

"Kepada semua keluarga besar Pasmar-1 dan sebagian dari Pasmar-2 saya ucapkan terima kasih untuk apel kesiapan ini, saya berkeyakinan penuh bahwa kalian dipimpin oleh Komandan Brigade Infanter-1 Marinir Kolonel Marinir Markos sebagai Danpasrat mampu menyelesaikan latihan ini dengan sebaik-baiknya, tapi perlu anda untuk berdoa," paparnya.

Setelah selesai melakukan gelar kesiapan latihan parsial Latgab TNI 2013, Komandan Pasmar- 1 Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari S beserta seluruh prajurit melaksanakan istighatsah dan potong tumpeng di Bapra Aris haryanto Semarung Ujung Surabaya.

Kegiatan istighosah dan potong tumpeng tersebut dilaksanakan dalam rangka latihan parsial Latgab TNI 2013 dan HUT ke-12 Pasmar-1 yang dirayakan dengan sangat sederhana.

Pada acara pemotongan tumpeng tersebut dilaksanakan oleh Komandan Pasmar-1 dan diberikan kepada Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Markos sebagai Danpasrat.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 membacakan amanah Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington yang menilai Pasmar-1 dalam usianya yang ke-12 telah banyak yang telah diperbuat oleh Pasmar-1 kepada bangsa dan negara. (*)