Surabaya (Antarajatim) - Sekitar 1.100 orang atlet dari berbagai daerah sudah mendaftarkan diri mengikuti kejuaraan nasional atletik "Jatim Open 2013" di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 9-11 Maret.

Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Timur Edy Mintarto kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan jumlah peserta diperkirakan bertambah, karena waktu pendaftaran ditutup hingga Rabu malam.

"Data jumlah atlet yang sudah masuk ke meja panitia hingga sore ini sekitar 1.100 orang dari hampir seluruh provinsi. Target kami lebih kurang 1.200 peserta," katanya.

Kejuaraan atletik tahunan yang menjadi kalender Pengurus Besar PASI itu akan melombakan sebanyak 46 nomor, termasuk empat nomor yang dilombakan khusus untuk atlet-atlet Jatim.

Menurut Edy Mintarto, sejumlah atlet Pelatnas yang disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar, direncanakan juga ambil bagian.

"Kejuaraan Jatim Open ini juga menjadi ajang evaluasi bagi PB PASI terhadap atlet-atlet Pelatnas, selain juga untuk program pembibitan dan pembinaan atlet junior," tambahnya.

Sebagai tuan rumah, lanjut Mintarto, PASI Jatim akan menurunkan seluruh atlet terbaiknya di seluruh nomor yang dipertandingkan, termasuk atlet-atlet yang tampil di PON 2012 Riau.

Mereka antara lain "sprinter" nasional peraih medali emas SEA Games 2011, Serafi Unani Anelis, Edy Zakaria (lari gawang), Inayah (jalan cepat), Tri Setyo Utomo (200 meter), dan beberapa nama lainnya.

Pada PON 2012 di Riau, tim atletik Jatim tampil sebagai juara umum dengan mengemas sembilan medali emas, tujuh perak dan empat perunggu. Jatim mengungguli pesaing terkuatnya seperti Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

"Persaingan perebutan juara di Jatim Open dipastikan akan sengit, karena semua daerah menurunkan atlet-atlet terbaiknya," ujar Edy Mintarto.

Sebelumnya, kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PASI Yohanes Paulus Lay mengatakan kejuaraan Jatim Open akan digunakan untuk mengukur peluang atlet Pelatnas yang disiapkan menuju SEA Games 2013.

Menurut ia, dari 55 atlet yang kini bergabung di Pelatnas, sebagian di antaranya turun membela daerahnya masing-masing, seperti atlet lompat galah Eko Wicaksono dan Henri Setiawan yang mewakili Provinsi Lampung.

"Kendati tampil membela daerahnya, catatan prestasi para atlet Pelatnas di ajang Jatim Open tetap menjadi perhatian dan bahan evaluasi bagi PB PASI," ujarnya. (*)