Pasuruan - Pasangan Calon Bupati Pasuruan dan Calon Wakil Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf - Riang Kulup Prayudha yang diusung PKB dan Partai Demokrat sementara unggul dalam Pilkada Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu.

Keunggulan sementara pasagan tersebut berdasar hasil hitung cepat (quick count) sejumlah sejumlah lembaga survei dengan besaran presentase sekitar 40 persen.

Dari hasil hitung cepat Lingkaran Survey Indonesia (LSI), diperoleh hasil pasangan Irsyad Yusuf - Riang Kulup Prayudha mencapai 41,23 persen, disusul pasangan Udik Djanuantoro - Joko Cahyono yang diusung Partai Golkar sebesar 21,2 persen, pasangan Eddy Paripurna - Bambang Pujiono (PDI-P dan partai nonparlemen) 16,6 persen.

Begitu mengetahui hasil hitung cepat tersebut, tim sukses dan pendukung pasangan Irsyad Yusuf - Riang Kulup Prayudha langsung mendatangi rumah Irsyad di Kelurahan/Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Bahkan Syaifullah Yusuf, Wagub Jatim yang juga kakak kandung Irsyad Yusuf juga datang.

"Alhamdulillah kami mendapat perolehan 40 persen dalam pencoblosan hari ini. Semoga ke depan, kami diberi kekuatan untuk membangun Pasuruan lebih baik. Serta kami sampaikan terima kasih kepada para alim ulama yang terus mendorong dan memotivasi selama masa pencalonan," kata M Irsyad Yusuf.

Sementara Syaifullah Yusuf yang mewakili pihak keluarga menyampaikan bahwa kemenangan yang didapatkan oleh pasangan Irsyad Yusuf - Riang Kulup Prayudha Satria adalah kemenangan rakyat Pasuruan.

Untuk itu keunggulan tersebut tidak akan dijadikan sebagai ajang pesta pora dan hura-hura.

"Ini kemenangan rakyat, kemenangan ulama dan kemenangan orang-orang yang belum beruntung untuk nasibnya terus diperjuangkan. Sesuai pesan ibu, Irsyad harus terus didampingi para alim ulama untuk menjaga, mengawal dan menasihati selama menjalankan tugas nanti. Sehingga semua elemen masyarakat tetap terayomi dan merasakan hasil pembangunan," tandas Syaifullah Yusuf.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pengurus NU Kabupaten Pasuruan KH Sonhaji Abdusshomad dan KH Mujib Imron. Bahkan kemenangan pasangan ini juga dianggap sebagai bekal dan modal pasangan Soekarwo - Syaifullah Yusuf untuk maju pemilihan gubernur Jawa Timur 2013.

"Ini memang kemenangan rakyat dan sekaligus juga jadi modal bagi pasangan Soekarwo - Syaifullah Yusuf untuk maju pilgub Jatim nanti," ujar KH Mujib Imron, Ketua LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan.