Surabaya - Ribuan suporter bonek menghadiri peluncuran tim Persebaya yang berlaga di kompetisi Divisi Utama 2013 Liga Indonesia di Lapangan Parkir Jatim Expo International di Surabaya, Jumat malam.

Acara peluncuran diisi dengan pengenalan pemain dan kostum baru tim "Bajul Ijo" yang disponsori PT Mitra Adiperkasa dengan merek "Warrior". Kostum serupa sebelumnya sudah dipakai Liverpool (Inggris) dan Sevilla (Spanyol).

Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum PSSI KLB Ancol La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Komisaris PT Mitra Muda Inti Berlian (perusahaan pengelola Persebaya) Wishnu Wardhana itu, perwakilan suporter bonek juga membacakan deklarasi berisi dukungan kepada Persebaya dan sepak bola Indonesia.

Seluruh pemain dan ofisial tim Persebaya serta suporter juga melakukan selebrasi dan doa untuk mengenang mantan pelatih Persebaya DU Miroslav Janu, yang meninggal dunia akibat serangan jantung pada akhir Januari 2013.

"'Coach' Janu telah banyak memberikan kontribusi untuk persiapan tim dan kami berharap kerja kerasnya bisa diteruskan oleh tim pelatih yang sekarang," kata Manajer Persebaya Bambang Pramukantoro.

Sepeninggal Miroslav Janu, manajemen Persebaya telah menunjuk Tony Ho yang sebelumnya asisten pelatih untuk menjadi pelatih kepala, didampingi dua asisten yakni Abdul Hamid dan Hengki Oba (pelatih kiper).

Pada kompetisi Divisi Utama 2013, Persebaya telah mendaftarkan sebanyak 23 orang pemain, terdiri atas 20 pemain lokal dan tiga pemain asing, yakni Boumsong (Kamerun), Lopicic Soran (Montenegro), dan Charvalho Maia (Brasil).

"Target utama kami adalah lolos ke Liga Super Indonesia pada musim depan. Dengan materi pemain yang ada dan persiapan maksimal, kami optimistis bisa mencapainya," kata Bambang.

Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) Diar Kusuma Putra mengatakan peluncuran tim Persebaya dilakukan dengan konsep berbeda dari biasanya, karena sekaligus ingin melibatkan suporter dan memberikan hiburan.

Sejumlah grup musik berasal dari Surabaya dihadirkan panitia untuk memeriahkan peluncuran, antara lain Arek Band, Heavy Monster, dan Devadata bersama bintang tamu Roy Jeconiah (mantan vokalis grup Boomerang).

"Kami berharap suporter bonek bisa terus memberikan dukungan kepada Persebaya, baik di laga 'home' maupun tandang," katanya.

Setelah peluncuran itu, pemain Persebaya sudah harus kembali bersiap menghadapi laga kandang melawan Persekam Metro FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (10/2).

Pertandingan itu merupakan yang kedua bagi Uston Nawawi dan kawan-kawan, setelah menang 3-1 atas tuan rumah PSBK Blitar pada laga pertama akhir pekan lalu.

"Main di kandang sendiri, sudah pasti kami wajib mengamankan tiga angka. Tapi, kami juga tidak boleh menganggap remeh lawan," kata Pelatih Persebaya Tony Ho. (*)