Surabaya - Prajurit Batalyon Infanteri-1 Marinir meraih predikat juara lomba renang laut dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun ke-50 Brigif-1 Marinir di dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin.

Lomba diikuti tiga tim/batalyon yaitu Yonif-1 Mar, Yonif-3 Mar dan Yonif-5 Mar, yang masing-masing tim beranggotakan 50 perenang dengan jarak tempuh yang harus diselesaikan sejauh 600 meter.

Start dimulai dari dermaga kapal selam dengan finis di dermaga KRI Dewaruci, start pertama yaitu Yonif-3 Mar, lalu diikuti Yonif-5 Mar, dan terakhir Yonif-1 Mar.

Lomba itu disaksikan Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Suliono, Pasops Brigif-1 Mar Letkol Mar Gatot Mardiyono, dan Danyonif-3 Mar, Danyonif-1 Mar, serta Danyonif-5 Mar.

Ketika para perenang sedang berlomba, para suporter yang berada di bibir dermaga meneriakkan yel-yel dan lagu-lagu yang membangkitkan semangat bertanding para perenang.

Setelah semua tim selesai melaksanakan renang dan diadakan penghitungan waktu, prajurit-prajurit Batalyon Infanteri-1 Marinir dengan Komandan Batalyon Mayor Marinir Teddy Yulianda Bakri menyabet juara dengan catatan waktu 17 menit 22,41 detik.

Untuk juara kedua direbut oleh Batalyon Infanteri-5 Marinir dengan catatan waktu 17 menit 40,46 detik dan Batalyon Infanteri-3 Marinir harus puas sebagai pemenang ketiga dengan catatan waktu 18 menit 12,57,5 detik.

Sementara itu untuk kategori perorangan, juara diraih Praka Mar Syaifudin dari Yonif-5 Mar dengan catatan waktu 14 menit 44,2 detik dan pemenang kedua Pratu Mar Agus Tri dari Yonif-5 Mar dengan waktu 15 menit 21,96 detik.

Selanjutnya, Pratu Mar Suyitno dari Yonif-1 Mar harus puas sebagai juru kunci dengan catatan waktu 15 menit 42,93 detik.

Sebelumnya (10/1), Tim Tenis Yonif-5 Marinir mengawinkan gelar juara pada kejuaraan tenis dalam rangka memperingati HUT Ke-50 Brigif-1 Marinir di lapangan tenis Brigif-1 Marinir, Gedangan, Surabaya.

Kesebelasan Batalyon Infanteri-5 Marinir juga berhasil meraih predikat juara cabang sepak bola setelah mengalahkan Yonif-3 Marinir dengan skor 3-1 di lapangan sepak bola Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo (10/1).

Berbagai perlombaan dalam rangka HUT Ke-50 Brigif-1 Marinir Tahun 2013 itu meliputi olahraga militer yaitu lari lintas alam (cross country), menembak, dan renang militer, sedangkan untuk olahraga umum yang dilombakan meliputi sepak bola, bola voli putra/putri, tenis lapangan putra/putri, dan bulu tangkis putra/putri. (*)