Lumajang - Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Klakah, Kabupaten Lumajang melakukan penghijauan di Gunung Lamongan yang memiliki ketinggian 1.668 meter dari permukaan laut (mdpl) di kabupaten setempat.

Koordinator Adiwiyata SMK Negeri Klakah, Haris Abdullah, Sabtu, mengatakan kegiatan penghijauan tersebut dilakukan bersama aktivis peduli lingkungan "Laskar Hijau" yang menjadi salah satu program Adiwiyata ke III di sekolah setempat.

"Ini bagian dari program Adiwiyata yang kami selenggarakan setiap tahun dan sebagai bentuk komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan baik di sekolah maupun kawasan di luar sekolah seperti lereng Gunung Lamongan," tuturnya.

Menurut dia, kegiatan penghijauan tersebut diikuti sebanyak 42 siswa dan 20 orang guru dengan menanam pohon di sisi kiri jalur pendakian Gunung Lamongan.

"Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain nangka, klengkeng, mangga, jamblang dan sirsak di sepanjang lereng Gunung Lamongan," katanya.

Kegiatan penghijauan itu, lanjut dia, untuk mengajarkan siswa cinta lingkungan dan kegiatan itu diharapkan bisa dicontoh oleh sekolah lain.

"Selain penghijauan, kami juga mengajarkan siswa kami untuk bercocok tanam sayuran organik dan pembuatan pupuk kompos di sekolah," ujarnya.

Sementara Koordinator Laskar Hijau A'ak Abdullah Al-Kudus menyambut baik peran aktif SMK Negeri Klakah untuk melakukan penghijauan di gunung yang memiliki ketinggian 1.668 mdpl itu.

"Kami sangat senang karena sekolah mau mengajarkan siswanya untuk peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan," katanya.

Ia menilai penyebab terjadinya kerusakan lingkungan saat ini adalah akibat gagalnya pendidikan untuk mengajarkan cinta lingkungan pada generasi muda, sehingga banyak kerusakan hutan yang menyebabkan bencana alam.(*)