Surabaya -Dua pemain unggulan yakni Ryan Ivano dan Sri Fatmawati masing-masing tampil sebagai juara tunggal putra dan putri kejuaraan bulu tangkis pelajar Piala Sinar Dunia kelompok SMP tingkat Jatim di Surabaya, Sabtu.

Pada laga final yang berlangsung di GOR Sudirman Surabaya, Ryan Ivano yang mewakili SMP Jaya Sakti dan menempati unggulan teratas mengalahkan pemain unggulan ke-4 Komandani Maytri (SMP Mardi Siwi) dengan skor 21-12, 21-12.

Sementara nasib mujur menaungi Sri Fatmawati yang tidak terlalu susah payah merebut gelar juara tunggal putri.

Siswi SMP II Dringu ini yang diunggulkan di posisi ke-5, hanya perlu bertanding satu game setelah lawannya unggulan pertama Anita Wahyuningtyas (SMP Shafta) mundur pada game kedua karena cedera. Fatmawati menang dengan skor 21-6, 1-0 (ret).

"Saya senang bisa merebut gelar, meskipun tidak harus bertanding sampai selesai. Ini keberuntungan buat saya, " kata Fatmawati usai pertandingan.

Sementara itu, dari laga final kelompok usia sekolah dasar (SD), unggulan teratas Titifany Ilahi (MI Nurul Huda Ngampelsari) dan Prabu Wenang Pitutur (SDN Karah I) memenangi gelar juara di kategori kelas 5-6.

Titifany menang telak 21-13, 21-12 atas unggulan ke-2 Trisma Arlisa (SDN Gending), sedangkan Prabu Wenang mengungguli pesaing terberatnya Rizky Alvares (SDN Gending) dengan angka 21-15, 21-9.

Partai seru terjadi di final tunggal putri kategori kelas 3-4 yang mmpertemukan dua pemain unggulan teratas Olivia Riza (SDN 7 Taman Agung) melawan Tiara Nur Agustin (SDN 01 Genteng).

Laga yang berlangsung tiga game itu akhirnya dimenangkan Olivia Riza dengan skor sangat ketat 21-17, 20-22, 21-19.

Final tunggal putri kelas 1-2 juga tidak kalah serunya, ketika Natiqotul Wardah (MI Perguruan Mu'alimat Diwek) harus berjuang dengan susah payah untuk mengalahkan Dewi Sayekti (SDN Genteng I) 13-21, 21-10, 27-25. (*)