Selasa, 17 Oktober 2017

Pengunjung Telaga Sarangan Selama Lebaran Capai 50.000 Orang

id antara, jatim, antarajatim, Pengunjung, Telaga Sarangan, Selama, Lebaran, Capai, 50.000 Orang, Pengunjung Telaga Sarangan Selama Lebaran Capai 50.000 Orang, telaga sarangan magetan, sarangan, magetan, sarangan magetan, lebaran, idul fitri, gunung law
Pengunjung Telaga Sarangan Selama Lebaran Capai 50.000 Orang

Magetan - Jumlah pengunjung objek wisata Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu, Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencapai lebih dari 50.000 orang selama liburan Lebaran tahun 2012.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pos Retribusi Telaga Sarangan, Kuswinardi, Jumat, mengatakan, jumlah pengunjung hingga 50.000 orang tersebut terjadi sejak hari Minggu (19/8) yang bertepatan dengan H1 Lebaran hingga Kamis (23/8) yang telah memasuki arus balik.

"Jumlah pengunjung ini masih akan terus bertambah hingga akhir pekan nanti. Diperkirakan pada hari Jumat hingga Minggu nanti masih lebih dari 10.000 pengunjung yang datang ke Telaga Sarangan Magetan," ujar Kuswinardi kepada wartawan.

Menurut dia, jumlah pengunjung tertinggi terjadi pada hari Selasa (21/8) yang mencapai lebih dari 15.000 orang. Hal ini seperti tahun-tahun sebelumnya, para pemudik dari berbagai kota besar selalu menyempatkan diri berwisata ke Telaga Sarangan setelah berlebaran dengan keluarga di kampung halaman.

Pihaknya merinci, jumlah kunjungan pada hari Minggu (19/8) yang bertepatan dengan H1 Lebaran mencapai 3.000 orang, hari Senin (20/8) yang bertepatan dengan H2 Lebaran mencapai 7.000 orang, hari Selasa (21/8) mencapai 15.000 orang, hari Rabu (22/8) mencapai 12.000, dan hari Kamis (23/8) mencapai 8.000 orang.

Para pengunjung ini kebanyakan berasal dari Kota Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan juga Madiun. Hal ini dapat diketahui dari pelat nomor polisi kendaraan atau mobil yang digunakan untuk berkunjung ke Telaga Sarangan.

"Jumlah pengunjung pada momentum lebaran juga terhitung meningkat hingga 10 kali lipat dari pada hari biasa. Adapun, saat hari biasa dan akhir pekan jumlah pengunjung objek wisata Telaga Sarangan mencapai 500 hingga 1.000 orang," tambah Kuswinardi.

Meski terjadi kenaikan cukup signifikan, pihaknya memastikan seluruh sarana dan prasarana yang ada di kawasan objek wisata Telaga Sarangan dapat mencukupi untuk menerima kedatangan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah ini.

"Otomatis terjadi peningkatan volume kendaraan. Meski jalan menuju Telaga Sarangan dipenuhi kendaraan hingga padat merayap, kami pastikan tidak ada kemacetan. Kami telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pemkab Magetan dan Satuan Lalu Lintas Polres Magetan untuk mengaturnya," kata dia.

Salah satu pengunjung asal Surabaya, Iwan Kurniawan, mengatakan, ia dan keluarganya sengaja memilih menghabiskan liburan di Telaga Sarangan setelah bersilaturahmi dengan keluarga di Madiun.

"Kami sekeluarga suka berkunjung ke Sarangan karena udaranya yang sejuk. Hal ini langka untuk didapatkan di kota besar seperti Surabaya," kata Iwan.

Meningkatnya jumlah pengunjung ini juga memberikan berkah tersendiri bagi para penyedia jasa persewaan kapal motor, kuda, hotel, restoran, dan para pedagang lainnya di objek wisata andalan Pemkab Magetan tersebut. (*)

Editor: FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA 2012

Baca Juga

Generated in 0.1964 seconds memory usage: 0.59 MB