Rabu, 18 Oktober 2017

Karang Taruna Jatim Harus Mampu Ciptakan Lapangan Pekerjaan (Video)

id karang taruna, jatim, gus ipul, surabaya
Karang Taruna Jatim Harus Mampu Ciptakan Lapangan Pekerjaan (Video)
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf bersama Ketua Karang Taruna Jatim Agus Maimun saat pengukuhan dan pelantikan Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Timur periode 2017-2022 di Kompleks Taman Budaya, Jalan Genteng Kali Surabaya, Senin (25/9). (Foto Fiqih Arfani)
Karang Taruna harus berperan menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga pemberdayaan ekonomi di Jatim terus menggeliat, meningkat dan produktif
Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berharap karang taruna mampu menciptakan lapangan pekerjaan sebagai wujud kontribusi nyata terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Karang Taruna harus berperan menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga pemberdayaan ekonomi di Jatim terus menggeliat, meningkat dan produktif," ujarnya di sela pengukuhan Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Jatim di Surabaya, Senin.

Menurut dia, karang taruna harus menjadi bagian bersama pemerintah untuk meningkatkan peran sertanya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyarankan anggota karang taruna terutama yang saat ini memiliki usaha di bidang industri kecil hingga menengah mampu membantu sebagai penopang perekonomian Jatim.

"UMKM di Jatim merupakan sektor yang mampu bertahan dari krisis ekonomi sekaligus berkontribusi besar bagi pemberdayaan ekonomi di daerah," ucapnya.

Selain itu, kata dia, UMKM juga turut menciptakan pekerjaan baru dibandingkan dengan perusahaan besar sehingga dengan banyaknya jumlah UMKM maka akan menjadi kekuatan dalam penciptaan lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Jatim Agus Maimun mengatakan jiwa karang taruna adalah solidaritas dan kesetiakawanan sosial sehingga siap menjalin sinergi dengan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

Karang taruna, lanjut dia, juga berkomitmen untuk mengurangi pengangguran terbuka, kesenjangan sosial dan mengurangi kemiskinan di Jatim.

"Langkah yang akan segera dilakukan setelah pengukuhan ini yakni untuk mendekatkan masyarakat terhadap akses yang dimiliki oleh pemerintah," katanya.

Aktivis muda yang juga anggota DPRD Jatim tersebut mengaku siap memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan akses, baik permodalan hingga pengembangan ekonomi hingga di pelosok desa.

Di sisi lain, pengukuhan pengurus karang taruna periode 2017-2022 tersebut dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, mantan ketua Karang Taruna Jatim Anna Luthfie, tokoh pemuda Mufti Mubaroq, Ketua Dewan Kesenian Jatim Taufik Monyong dan sejumlah tokoh lainnya. (*)
Video oleh Fiqih Arfani

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0907 seconds memory usage: 0.56 MB