Selasa, 17 Oktober 2017

Jumlah Pemilih di Kabupaten Kediri untuk Pilkada Jatim Diprediksi Turun (Video)

id Jumlah Pemilih, di Kabupaten Kediri, untuk Pilkada Jatim, Diprediksi Turun, kpu kabupaten kediri
Jumlah Pemilih di Kabupaten Kediri untuk Pilkada Jatim Diprediksi Turun (Video)
Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo. (Foto Asmaul Chusna)
Kami prediksi jumlah pemilih berkurang, tapi tidak terlalu besar sekitar 1.000 orang. Namun, saat ini masih proses pemutakhiran data dan dilakukan berkelanjutan
Kediri (Antara Jatim) - Jumlah pemilih yang akan memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 diprediksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, akan turun sekitar 1.000 orang.

"Kami prediksi jumlah pemilih berkurang, tapi tidak terlalu besar sekitar 1.000 orang. Namun, saat ini masih proses pemutakhiran data dan dilakukan berkelanjutan," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan jumlah pemilih berkurang, misalnya, ada mutasi atau pindah ke luar kota maupun meninggal dunia. Dengan berkurangnya jumlah pemilih itu, juga memengaruhi jumlah pemilih yang terdata sebelumnya, sehingga harus dilakukan verifikasi ulang.

KPU juga akan terus koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri terkait dengan data jumlah penduduk di kabupaten ini. Pada Pilkada Kabupaten Kediri 2015, jumlah penduduk yang memberikan hak suaranya sekitar 1,2 juta jiwa. Data itu akan diverifikasi lagi, sebelum ditetapkan untuk memberikan hak suaranya dalam Pilkada Jatim 2018.

"Proses pemuktakhiran dilakukan secara berkala dan tentunya kami kerjasama dengan dinas kependudukan dan hasil yang disampaikan ada pengurangan sekitar 1.000 orang itu sifatnya sementara jadi dinamis," ujarnya.

Untuk jumlah pemilih pemula, Sapta mengakui hingga kini belum tahu. KPU masih koordinasi dan bersiap melakukan verifikasi jumlah pemilih, guna memastikan jumlah pemilih pemula dan jumlah pemilih yang harus dicoret karena meninggal dunia atau pindah.

Sapta mengatakan, untuk saat ini KPU koordinasi dengan seluruh satuan yang terkait untuk mengetahui jumlah pemilih dalam Pilkada Jatim 2018. KPU mengundang mereka dalam rapat proses pemutakhiran data berkelanjutan.

Dalam kegiatan yang berlangsung di kantor KPU Kabupaten Kediri tersebut, selain dihadiri jajaran dari KPU, juga perwakilan pemerintah kabupaten, panitia pengawas, kepolisian, TNI, maupun organisasi masyarakat lainnya.

Di rapat tersebut juga dijelaskan tentang persiapan pilkada, rencana kegiatan di Kabupaten Kediri, tahapan, hingga jumlah pemilih sementara. Dengan rapat tersebut, diharapkan ada berbagai masukan dari seluruh pihak, agar pilkada ke depan juga berjalan dengan tertib dan lancar. (*)
Video oleh: Asmaul Chusna


Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0079 seconds memory usage: 0.58 MB