Rabu, 18 Oktober 2017

Wakil Wali Kota Madiun Kukuhkan Anggota Paskibraka 2017

id Wakil Wali Kota Madiun Kukuhkan Anggota Paskibraka 2017, pengukuhan paskibraka, Paskibraka 2017, paskibraka kota madiun, Paskibraka Kota Madiun 2017, HUT kemerdekaan RI, HUT RI ke-72, hari merdeka, kota madiun, paskibraka madiun, proklamaasi kemerdekaan
Wakil Wali Kota Madiun Kukuhkan Anggota Paskibraka 2017
Sebanyak 76 anggota Paskibraka Kota Madiun tahun 2017 sedang dikukuhkan oleh Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto di Gedung Diklat Kota Madiun, Selasa (15/8). Dengan pengukuhan tersebut mereka siap bertugas pada upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2017. (Foto : Louis Rika)
Madiun (Antara Jatim) - Aula Gedung Diklat Kota Madiun di Jalan Duku berubah menjadi tempat yang mengharukan dan sakral. Di lokasi tersebut, Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Madiun tahun 2017 pada Selasa 15 Agustus. 

"Tahun ini (2017) Pemkot Madiun melantik 76 anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera Pusaka Merah Putih di Alun-Alun Kota Madiun pada upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2017," ujar Sugeng Rismiyanto seusai pengukuhan.

Adapun, upacara pengukuhan itu berlangsung sangat khidmat. Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar "Putra Indonesia" di hadapan bendera merah putih yang diikuti oleh seluruh anggota Paskibraka. Dan setelah itu dilanjutkan dengan pernyataan pengukuhan dari Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto dan penyematan lencana pengukuhan dan sabuk secara simbolik.

Menurut Sugeng, menjadi anggota paskibraka adalah suatu hal kebanggaan dan kehormatan, baik bagi pribadi, keluarga, dan juga masyarakat.

"Saya sangat berharap adik-adik kita ini bisa melaksanakan tugasnya, mulai menaikkan bendera sampai dengan penurunan dengan baik," kata Sugeng.

Tidak hanya tugas dalam pengibaran bendera. Sugeng Rismiyanto ingin agar semua anggota paskibraka tetap mengamalkan rasa nasionalis dan kedisiplinan yang telah diberikan selama masa karantina dalam kehidupan sehari-hari setelah purnatugas.

"Sikap itu merupakan bentuk pengakuan adik-adik sebagai generasi penerus bangsa dan contoh bagi generasi muda lainnya," tuturnya.

Instruktur Paskibraka Kota Madiun 2017, Lettu Feby Tinangon mengatakan, para anggota paskibraka tersebut berasal dari siswa dan siswi terbaik tingkat SMA dan sederajat baik negeri maupun swasta di Kota Madiun.

Adapun 76 anggota paskibraka tersebut, terdiri dari 50 siswa putra dan 26 siswa putri. Mereka telah menjalani masa karantina dan pembinaan selama satu bulan.

"Untuk persiapan sudah kita lakukan sejak tanggal 17 Juli. Dengan persiapan yang panjang tersebut, diharapakan saat pelaksaan tugas bisa berjalan sempurna," ujar Lettu Feby.

Ia menjelaskan, saat bertugas nanti, para anggota paskibraka tersebut akan dibagi dalam tiga formasi. Yakni, kelompok 17, kelompok delapan yang merupakan barisan inti dimana terdapat pengibar dan pembawa bendera, serta kelompok 45.

"Saat pelaksaaan, paskibraka akan dibagi menjadi tiga kelompok pasukan. Yakni kelompok 17, kelompok delapan, dan kelompok 45. Jumlah tersebut merupakan tanggal kemerdekaan negara kita dan petugas yang membawa bendera ada di kelompok pasukan delapan," kata dia.

Pasi Personel Kodim 0803 Madiun itu menambahkan, dari 76 anggota paskibraka yang ada, yang akan bertugas nantinya sejumlah 70 siswa, sedangkan enam orang siswa lainnya merupakan cadangan.

"Puluhan anggota paskibraka tersebut sebelumnya telah menjalani proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mereka adalah siswa-siswa pilihan dari total 400 siswa yang mengikuti seleksi," tambahnya.

Siap Bertugas
Salah satu anggota Paskibraka Kota Madiun 2017 yang telah dikukuhkan, Tarisa Aliya menyatakan siap bertugas pada upacara peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2017.

"Kami telah mendapatkan bimbingan dan pelatihan khusus selama masa karantina. Kami siap bertugas pada tanggal 17 Agustus besok," ucap Tarisa.

Siswa SMA Negeri 5 Kota Madiun ini merasa bangga dapat terpilih dan berhasil dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka Kota Madiun tahun 2017.

Menurut dia selama proses pelatihan ia mengaku tidak mendapatkan rintangan yang berarti. Dan ia juga bisa melaksanakan seluruh tugas yang diberikan oleh pelatih dengan baik.

"Saya dan teman-teman sudah berlatih. Kami juga bisa menjalankan seluruh perintah dan instruksi dari pelatih selama masa karantina," imbuhnya.

Ia menambahkan, selain rasa bangga, banyak hal positif lainnya yang dapat dipelajari ketika masuk menjadi anggota Paskibraka Kota Madiun. Mulai dari kedisiplinan, kekompakan tim, kepedulian sesama, rasa nasionalis, penguatan mental, pencegahan narkoba, dan banyak lagi.

Ia dan seluruh anggota paskibraka bersyukur karena seluruh rangkaian kegiatan selama pelatihan dan karantina dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. 

Diharapkan para anggota paskibraka tahun ini dapat bertugas dengan baik demi kelancaran upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0102 seconds memory usage: 0.59 MB