Minggu, 24 September 2017

Pelindo III Luncurkan Empat Aplikasi Layanan Pelabuhan

id Pelindo III, Antara, Jatim
Pelindo III Luncurkan Empat Aplikasi Layanan Pelabuhan
Pelindo III (Foto : IST)
empat aplikasi layanan itu masing-masing adalah "SAP S/4 Hana", "REMOTE", Anjungan" dan "eDoc".
Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelindo III (persero) meluncurkan empat aplikasi layanan di bidang kepelabuhanan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayananan kepada pengguna jasa di bidang tersebut.
     
Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Sabtu mengatakan empat aplikasi layanan itu masing-masing adalah "SAP S/4 Hana", "REMOTE", Anjungan" dan "eDoc".
     
"Peluncuran secara formal kami lakukan nanti malam pada 1 Januari 2017 pukul 00.00 WIB sekaligus menandai pergantian tahun, dan dilakukan oleh Direksi Pelindo III dari empat pelabuhan yang kami kelola," katanya.
     
Menurut Orias, pergantian tahun merupakan saat yang tepat bagi Pelindo III untuk membangun semangat baru dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.
     
Ia menjelaskan, aplikasi yang diluncurkan diharapkan menambah manfaat serta mempermudah pelanggan dalam memperoleh pelayanan serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja di dalam Pelindo III.
     
"Empat aplikasi ini telah kami persiapkan sepanjang tahun 2016, seperti aplikasi Anjungan yang digunakan sebagai pintu gerbang bagi pelanggan untuk memperoleh pelayanan jasa kepelabuhanan," katanya.
     
Sedangkan aplikasi Remote atau "Real Estate Management and Others Services" merupakan aplikasi yang dirancang untuk kebutuhan pengelolaan lahan di area pelabuhan.
     
Sementara itu, aplikasi SAP S/4 Hana merupakan aplikasi yang telah banyak digunakan perusahaan besar di dunia internasional yang mengintegrasikan fungsi bidang keuangan, SDM, Teknik dan Pengadaan Barang dan Jasa  di Pelindo III. 
     
Sedangkan aplikasi eDoc fungsinya  menggantikan komunikasi lintas direktorat di Pelindo III yang sebelumnya masih menggunakan kertas, lalu beralih ke elektronik. 
     
"Aplikasi ini akan mempercepat kinerja perusahaan, karena kebijakan perusahaan dapat diputuskan dengan cepat berdasar pada data yang akurat," ucapnya.
      
Sementara itu, keempat aplikasi ini mulai tahun 2017 secara bersamaan akan digunakan di 17 pelabuhan cabang wilayah Pelindo III, di antaranya Pelabuhan Ende, Nusa Tenggara Timur,  Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.1466 seconds memory usage: 0.58 MB